Mobil Multiguna ITS Punya 4 Fungsi

oleh -17 views
Logo ITS
Arrief Ramdhani
Logo ITS
Logo ITS

INSTITUT Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya seakan tak lelah melahirkan inovasi di bidang otomotif. Kali ini, mereka melahirkan sebuah kendaraan multiguna untuk daerah pedesaan.

Penamaan multiguna pada kendaraan tersebut bukan tanpa alasan. Koordinator Peneliti kendaraan multiguna pedesaan ITS Agus Sigit Pramono mengungkap, pengembangan kendaraan tersebut sangat penting mengingat empat fungsi sekaligus yang dimiliki.

Kendaraan tersebut bisa berfungsi sebagai mobil toko, mobil penumpang, mobil barang, dan sebagai kendaraan produksi. Inovasi tersebut yang dibutuhkan masyarakat pedesaan sehingga membuat pekerjaan mereka lebih efisien.

“Masyarakat pedesaan sangat membutuhkan kendaraan semacam ini karena tidak mungkin mereka mau membeli keempat kendaraan sekaligus. Selain mahal, penggunaan empat kendaraan secara bersamaan tidak akan efisien, oleh karena itu kami membuat kendaraan ini,” ujar Agus, seperti dilansir dari ITS Online, Jumat (4/7/2014).

Tidak hanya pengembangan mobil multiguna pedesaan, ternyata ITS juga dipercaya oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta untuk mengembangkan mesin hemat energi, mesin bio, dan mesin bio-fuel. Menurut Koordinator Pengembangan Mesin Bambang Sudarmanta, pengembangan bio-fuel terinspirasi oleh keinginan Gubernur Jawa Timur.

“Beliau ingin membuat mesin asli Jawa Timur. Maka kami memperkenalkan nama mesin hemat energi buatan ITS dengan nama SINJAI yang merupakan kepanjangan dari Mesin Jawa Timur,” tutur Sudarmanta.

Kedua proyek tersebut merupakan proyek konsorsium Akademisi Bisnis Goverment (ABG) sebab banyak pihak yang terlibat di dalamnya. Baik ITS sebagai pelaksana riset dan akademisi maupun Kemenristek sebagai penyalur dana. Serta beberapa perusahaan industri transportasi yang turut bekerja sama dalam membantu pemasaran kendaraan itu.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.