Minat Baca Masyarakat Indonesia Rendah?

oleh -10 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

MINAT baca masyarakat Indonesia rendah. Hasil penelitian badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), United Nation Educational Scientific and Culturan Organization (UNESCO), memaparkan tingkat baca masyarakat Indonesia hingga kini masih berkutat di 0,001.

Artinya kata Bupati Bandung Dadang Mochamad Naser, Rabu (18/6/2014) kebiasaan membaca belum menjadi budaya yang membumi dan belum menjadi jantung kehidupan rakyat indonesia. Buktinya, berdasar data UNESCO itu di tahun 2012 indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Jadi setiap 1 000 orang hanya ada satu orang yang punya minat baca.

“Ini menjadi tantangan buat semua pihak, bagaimana kita bisa meningkatkan minat baca masyarakat khususnya pelajar, serta menjadikan membaca sebagai budaya warga Kabupaten Bandung”, ujar Bupati Dadang Naser.

Maka Dadang berharap kehadiran Leader’s Reading Challenge Kabupaten Bandung (RCKB) Tahun 2014 ini) harus biSA mendongkrak minat baca itu, terutama di Kabupaten Bandung.

Disebutkan Dadang, catatan sebuah survei menunjukkan presentase penduduk Indonesia yang berusia di atas 10 (sepuluh) tahun, 90Persen cenderung lebih menyenangi nonton televisi daripada membaca.

“Melalui program LRCKB ini, Saya berharap para guru bisa mengarahkan siswanya baik SD maupun SMA, agar kegiatan membaca menjadi sebuah kebiasaan dan hobinya, karena dengan membaca bisa menguasai dunia”, kata Dadang.

Bacalah, kata Dadang mengandung arti perintah yang menghendaki sebuah perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari pasif menjadi aktif, dari diam menjadi bergerak dan dari tidak bisa menjadi bisa.

“Membaca adalah jendela dunia, karena buku merupakan gudangnya ilmu, siapapun yang ingin sukses hidupnya harus diawali dengan membaca”, tegasnya Dadang.

Ditambahkannya, ayat-ayat dalam Al-Quran harus menjadi pedoman dan di aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga seseorang dapat menyeimbangkan intelektualitas dengan spiritualnya.

“Siapapun yang mampu menjadikan Al-Quran sebagai literatur hidupnya, maka Ia akan menguasai dunia,” ungkapnya.(fokusjabar.com)

 

20 thoughts on “Minat Baca Masyarakat Indonesia Rendah?

  1. Ping-balik: sex dolls shop
  2. Ping-balik: Male sex dolls
  3. Ping-balik: fake watches
  4. Ping-balik: mơ cháy
  5. Ping-balik: Pax Era Pods
  6. Ping-balik: covid-19
  7. Ping-balik: Urban Nido Villas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.