Mimpi IPB Sulap Bogor Jadi Kota Hijau

oleh -4 views
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Arrief Ramdhani
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

CIVITAS akademika Institut Pertanian Bogor (IPB) punya mimpi menjadikan Bogor sebagai kota hijau. Guna mewujudkan mimpi tersebut, mereka pun menggandeng berbagai institusi di Jepang.

IPB mengawalinya melalui kerjasama dengan National Institute for Environmental Studies (NIES) dalam riset pengembangan sistem monitoring pemanfaatan energi di lingkungan kampus. Menurut Rektor IPB, Prof. Dr Herry Suhardiyanto, sistem pemantauan pemanfaatan energi tersebut langsung terhubung dengan satelit di beberapa fasilitas yang ada di IPB.

banner 728x90

“Sistem ini memantau penggunaan energi dari waktu ke waktu dan perilaku pemanfaatan energi, baik pada tingkat rumah tangga, perkantoran maupun industri,“ ucap Herry, seperti dilansir laman IPB, Senin (23/3/2015).

Sebagai pengembangan, President NIES Jepang, Hitoyasu Tokuda menawarkan untuk membawa kerjasama tersebut ke tingkat kota Bogor. “Kami telah memberikan penawaran kepada Kota Bogor untuk membangun program sister city antara Kota Bogor dan salah satu kota di Jepang untuk membantu Kota Bogor menjadi salah satu contoh Eco Citydi Indonesia,” ujar Tokuda.

Belum lama ini, Pusat Pengelolaan Risiko dan Peluang Iklim Kawasan Asia Pasifik (CCROM-SEAP) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) bersama NIES dan Institute for Global Environmental Strategies (IGES) Jepang menggelar “Forum for Low Carbon Future of Bogor City Through Green Innovation”.

Acara yang mendapat dukungan Kementerian Lingkungan dan Kehutanan Indonesia, serta Kementerian Lingkungan Hidup Jepang ini merupakan forum diseminasi hasil riset tentang pembangunan rendah emisi. Selain itu, berbagai pihak bisa saling tukar pengetahuan dan pembelajaran dalam pembangunan rendah emisi melalui berbagai inovasi hijau pada Eco City Bogor Through Green Innovation.

Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Setdakot Bogor, Suharto, menyatakan, pihaknya berkomitmen menjadikan Bogor sebagaigreen city atau eco city. Dengan begitu, Kota Hijau pun menjadi lebih hijau, indah dan nyaman.

“Dengan membangun kota yang hijau, memberdayakan dan mengelola ruang terbuka hijau serta sumberdaya air, Kota Bogor akan lebih sehat, ramah lingkungan dan berkelanjutan,” jelas Suharto.(news.okezone.com)