MenPAN-RB Petakan Usia Guru

Wednesday 10 August 2016 , 8:38 AM
Ilustrasi : newstolitolilipuku.blogspot.com

Ilustrasi : newstolitolilipuku.blogspot.com

MENTERI Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, mengatakan tengah memetakan usia para guru yang ada saat ini untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan di tanah air. Langkah ini dilakukan terkait dengan wacana penambahan jam sekolah yang diusulkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.
Kan banyak juga ternyata guru-guru yang harus di update terus ilmunya. Nggak boleh ketinggalan. Saya lagi metakan ini berapa usia guru yang muda, sedang, berapa yang sudah tua. Terhadap ini apa langkah kita. Nanti saya dan Mendikbud mencoba,” jelas Asman di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (9/8).

Ia menilai, wacana perpanjangan jam sekolah atau full day school(FDS) tersebut dilakukan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Sehingga, menurutnya, langkah ini pun harus didukung.  Lebih lanjut, Asman mengatakan perbaikan dalam pelaksanaan program FDS ini pun akan terus dilakukan nantinya dengan berkoordinasi dengan Mendikbud. Menurutnya, para guru pun akan mampu menjalankan program ini.

“Ya mudah-mudahan mampu lah. Kalau tugas harusnya mampu kan, saya pernah jadi guru dulu,” kata dia.

Sebelumnya, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Wapres JK juga mendukung program perpanjangan jam sekolah tersebut. Namun, JK menyarankan agar dilakukan pilot project terlebih dahulu sebelum menerapkan program tersebut.

Muhadjir mengatakan, dengan adanya program FDS, para pelajar nantinya bisa mendapatkan program pendidikan karakter yang lebih banyak sesuai dengan program nawacita Presiden Jokowi. Kemudian, nantinya para siswa pun akan mendapatkan dua hari libur, Sabtu dan Minggu, yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga. ( republika.co.id)

 

Comments are closed.