Menkokesra Serahkan Bantuan PAUDNI untuk Daerah-daerah di Jawa Tengah

oleh -3 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

MENTERI Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono menyerahkan bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen PAUDNI Kemdikbud) untuk masyarakat di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Daerah-daerah tersebut antara lain Kabupaten Tegal, Demak, Rembang, dan Kudus.

Untuk kabupaten Demak, Ditjen PAUDNI menyalurkan bantuan sebesar Rp 4,12 miliar. Sebanyak 2,65 miliar dari jumlah tersebut diberikan untuk penyediaan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI. Bentuknya berupa tunjangan profesi guru TK sebesar Rp 1,27 miliar, dan tunjangan fungsional untuk 957 guru TK di Demak, senilai Rp 957 juta.

“Guru adalah ujung tombak pendidikan kita, karena itu kita harus bersama-sama meningkatkan kualitas guru-guru kita,” ucap Menkokesra yang juga menyerahkan berbagai bantuan dari sejumlah kementerian, di pendopo Bupati Demak, Sabtu (27/7).

Sedangkan untuk peningkatan layanan PAUD di Demak, Ditjen PAUDNI menyalurkan bantuan sebesar Rp 1,1 miliar. Sebanyak 921 juta dari bantuan tersebut, digunakan untuk Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD untuk 128 lembaga. Selain itu, Menkokesra juga memberikan bantuan untuk program kursus dan pelatihan senilai Rp 282 juta. Sebanyak 170 juta akan digunakan untuk program Pendidikan Kecakapan Hidup untuk 100 peserta didik.

Selain Demak, kabupaten Rembang juga mendapatkan aliran bantuan sebanyak Rp 3,86 miliar. Sementara Kudus memperoleh bantuan senilai Rp 3,16 miliar. Menkokesra berharap agar masyarakat memanfaatkan bantuan dari pemerintah pusat dengan sebaik-baiknya. Bantuan yang diberikan harus sedapat mungkin menggerakkan roda perekonomian daerah. (paudni.kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.