Menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru, DPRD Jabar Berharap Kuota Mahasiswa Asal Jabar di PTN Diperbesar

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

TAHUN ajaran 2014/2015, empat perguruan tinggi negeri di Bandung menyiapkan 7.100 kursi bagi mahasiswa baru.

Ribuan kursi itu akan diperebutkan pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 17 Juni 2014 mendatang. Selain melalui SBMPTN, saringan pun dilakukan melalui proses SNMPTN.

Dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, kalangan DPRD Jawa Barat berharap PTN yang ada di Jabar memberikan kuota kursi lebih banyak bagi calon mahasiswa asal Jabar.

Demikian diungkapkan Sekretaris Komisi E DPRD Jabar Yod Mintaraga, menyusul minimnya mahasiswa asal Jabar yang berkuliah di PTN selama ini. Menurutnya, minimnya warga Jabar berkuliah di PTN pun diakui salah satu rektor PTN yang ada di Bandung.

“Kami bertemu rektor PTN beberapa waktu lalu, dan diakui mahasiswa asal Jabar minim di PTN. Saat bertemu itu, kami menyampaikan agar PTN yang ada di Jabar mau menyediakan kursi lebih besar bagi mahasiswa asal Jabar,” kata Yod, Minggu (4/5/2014).

Kendati begitu, penerimaannya tetap harus melalui proses seleksi yang baik. Pihaknya mengungkapkan bahwa alokasi yang lebih besar bagi putra daerah menjadi bentuk pemenuhan dari azas keadilan.

Terlebih selama ini mahasiswa dari luar Jabar yang berkuliah di Jabar turut merasakan pembangunan yang dibiayai pemerintah di Jabar, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

“Infrastruktur transportasi, perumahan, dan lainnya kan ikut dirasakan mahasiswa luar Jabar yang kuliah di sini. Sedangkan kendaraan mereka pajaknya tidak masuk di sini atau membayar ke daerahnya masing-masing. Tapi kita tidak mempersoalkan itu,” tukasnya.(fokusjabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.