Mengenalkan Musik Keroncong kepada Siswa Melalui Lomba

oleh -2 views
Musik Keroncong (gjb3112yeni.wordpress.com)
Arrief Ramdhani
Musik Keroncong (gjb3112yeni.wordpress.com)
Musik Keroncong (gjb3112yeni.wordpress.com)

PARA Insan Keroncong Indonesia menggelar Lomba Vokal Keroncong Tingkat Nasional Antar Sekolah Dasar Tahun 2013. Lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia dan hari ulang tahun ke-IV The Indonesian Keroncong Center. Tujuannya, untuk memperkenalkan musik keroncong sebagai budaya asli Indonesia, agar dicintai, dijaga dan dilestarikan oleh generasi muda. Pendaftaran lomba telah dibuka sejak 17 Agustus 2012 lalu dan akan ditutup pada 17 Agustus 2013.

Lomba ini terbuka bagi semua siswa sekolah dasar. Setiap peserta harus membawa surat pengantar resmi dari Kepala Sekolah masing-masing. Adapun lagu-lagu yang dapat dibawakan oleh peserta terdiri dua kategori, yaitu lagu wajib dan lagu pilihan. Yang termasuk lagu wajib adalah lagu Selamat Berjumpa, ciptaan R.H. Soetomo dan Legiyo (LCLK 2007) dan lagu Guruku Pahlawanku, ciptaan Supriyadi. Sedangkan lagu pilihan yaitu, lagu Hari Kemerdekaan ciptaan H. Muntahar, lagu Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud, lagu Maju Tak Gentar ciptaan C Simanjuntak.

Untuk mendapatkan lagu wajib peserta diwajibkan memiliki dua buah buku lagu yang dapat dibeli di Sekretariat The Indonesian Keroncong Center. Kedua buku tersebut berjudul Kumpulan Lagu Terbaik Lomba Cipta Lagu Keroncong Tahun 2006,2007, 2008, dan Kumpulan Lagu Terbaik Lomba Cipta Lagu Keroncong Tingkat Nasional Tahun 2009,2010, 2011.

Selain lomba musik keroncong, perayaan hari ulang tahun ke IV The Indonesian Keroncong Center tersebut juga akan dilakukan pemberian penghargaan kepada seniman/wati yang telah berjasa dalam melestarikan dan memajukan musik keroncong. Seniman/wati tersebut adalah Ismail Marzuki (alm), Achmad Soenardi (alm), dan H. Ismail.

Bagi para peserta disediakan ruang latihan keroncong di Graha Dr. R.H Soetomo, dengan sebelumnya mendaftarkan diri ke panitia.(kemdikbud.go.id)

Alamat pendaftaran:

 

Kantor Sekretariat The Indonesian Keroncong Center (IKC)

Graha Dr. R.H Soetomo, Jl. Pulo Asem Utara Raya No. 1

Jati, Pulo Gadung, Jakarta Timur 13220

No Telp: (021) 489-3930, Fax : (021) 452 8051

Email: keroncongcenter@gmail.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.