Mengenal Skema Buku Teks Kurikulum 2013

oleh -7 views
Buku teks kurikulum 2013.(kampus.okezone.com)
Arrief Ramdhani
Buku teks kurikulum 2013.(kampus.okezone.com)
Buku teks kurikulum 2013.(kampus.okezone.com)

PADA tahun pelajaran 2014/2015, siswa kelas I, II, IV, dan V jenjang SD/sederajat telah menerapkan Kurikulum 2013. Untuk mendukung pelaksanaannya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun menerbitkan buku teks yang disusun berdasarkan Kurikulum tersebut.
Penelaah buku pelajaran SD sekaligus Guru Cosmas Supriyadi menjelaskan, spesifikasi buku teks itu terdiri dari judul buku berdasarkan tema yang ditentukan dalam Kurikulum 2013. Setiap tema dikembangkan menjadi beberapa sub tema.

“Rata-rata, satu buku mengandung tiga hingga empat subtema. Dan setiap subtema diuraikan menjadi enam pembelajaran yang diharapkan selesai dalam satu hari,”  ujar Cosmas, dalam diskusi Membedah Kualitas Buku Kurikulum 2013, di Kediaman Prof. Tilaar, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/10/2014).

Selain itu, kata Cosmas, setiap pembelajaran berisi rangkaian kegiatan pembelajaran yang disusun mengalir dari awal hingga akhir. Pada setiap sub tema juga dicantumkan jaring-jaring yang menunjukkan Kompetensi Dasar (KD) semua mata pelajaran (mapel).

“Pada buku guru, jaring-jaring tersebut dinamakan Pemetaan Kompetensi Dasar. Setiap awal pembelajaran harian juga disediakan jaring-jaring yang memuat tentang mapel, KD, dan indikator. Buku guru juga dilengkapi dengan teknik, bentuk, dan rubrik penilaian,” imbuhnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.