Mengapa Sangat Sedikit Buku Tentang Pendidikan Anak Dalam Islam..?

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

 “MENDIDIK Anak dengan Tepat,” “Education and Educate Your Child” adalah beberapa judul buku yang ada di toko buku. Semuanya bagus dan menarik untuk dibaca. Semuanya mengklaim cerita yang dituangkan didalamnya adalah pola pendidikan bagi anak yang paling tepat. 70 persen dari buku yang dipajang merupakan buku-buku dari luar.
Hampir ngilu tanganku membolak-balik halaman buku-buku ini. Sayangnya, tidak banyak buku Islam yang mengajarkan pendidikan anak. Buku-buku Islam bahkan bisa dihitung dengan 20 jari. Itupun tidak membahas mengenai pendidikan anak dan remaja.

Jarangnya buku-buku pendidikan Islam bisa kusimpulkan karena dalam islam orang tua hanya mengajarkan anak untuk taat kepada orangtuanya dan mengikuti pola orangtuanya. Dari sana menurutku, didik orangtuanya terlebih dulu baru kemudian anaknya mengikuti.

Jadi wajar saja buku-buku dalam Islam lebih banyak membahas mengenai orangtua dan dewasa. Buku-buku yang banyak membahas mengenai bagaimana menjadi orangtua yang baik, orang dewasa yang berakidah, berakhlak dan bermuamalah. Maka untuk mendidik anak, diperlukan orang tua yang beriman. Karena orangtua adalah cerminan bagi anaknya.

Beberapa kasus di negara barat bisa menjadi contoh. Banyak anak di negara barat yang mengalami kebingungan. Ketika orangtua mengajarkan anaknya harus bersikap ini dan itu, orangtuanya sendiri justru tidak bisa melakukan apa yang ingin diajarkan.

Misalnya, orangtua mewajibkan anak untuk bersikap lembut dan menyuruh anak-anaknya untuk saling menyayangi dan tidak bertengkar. Tapi pada kenyataannya mereka sendiri, ayah dan ibu, sering bertengkar bahkan bercerai dan saling mengutuk. Sehingga masalah belajar mendidik anak dalam islam seharusnya terlebih dahulu orang tua mendidik diri sendiri agar anak bisa mencontoh semua akhlak dan prilaku orang tua.

Itulah mengapa dalam Alquran tidak ada surat khusus yang membahas mengenai anak, karena orangtualah yang menjadi cerminan anak. Anak adalah bentukan lingkungan. Dan islam banyak mengajarkan tentang bagaimana membina diri, membina keluraga dan membina lingkungan. Maka otomatis sang anak akan terbina dan terdidik dalam keluarga dan lingkungan yang baik. Wallahu’alam.(www.republika.co.id)

Fifi – Jakarta Islamic School

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.