Mengapa Fakultas Pertanian Minim Peminat?

oleh -1 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

MINAT generasi muda menekuni sektor pertanian di Surakarta masih rendah. Hal itu terlihat dari minimnya lulusan SMA/SMK yang mendaftarkan diri di program studi (Prodi) pada Fakultas Pertanian (FP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri).

Padahal, saat ini kebutuhan dunia usaha di bidang pertanian terhadap lulusan FP sangat tinggi. Kira-kira, apa ya yang membuat para lulusan SMA/SMK ini enggan memilih prodi pertanian?

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Ir. Siswadi, MP, mengakui, animo lulusan SMA/SMK masuk ke FP memang tidak tinggi. Penyebabnya, kata Siswadi, karena stigma yang keliru dari masyarakat.

“Selama ini mahasiswa pertanian diidentikkan dengan celana komprang, caping dan lumpur,” ujar Siswadi, seperti disitat dari laman Unisri, Rabu (14/8/2013).

Padahal, Siswadi melanjutkan, peluang kerja di bidang pertanian sangat terbuka luas dan menjanjikan. Dia menjelaskan, pihaknya sering menerima permintaan dari dunia industri pertanian dan perkebunan untuk mengirimkan alumni Unsri.

“Namun sayangnya, kami tidak bisa memenuhi permintaan tersebut. Karena terbatasnya jumlah lulusan,”  imbuhnya.

Meski demikian, Siswadi optimistis akan ada jalan untuk menghidupkan kembali dunia pertanian agar menjadi profesi pilihan bagi generasi muda. Menurut Siswadi, kunci utamanya ada pada peran pemerintah dalam membuat kebijakan yang berpihak pada para petani.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.