Menempa Karakter Baik dalam Pramuka

oleh -21 views
Hermawan, Pembina Pramuka SMPN 2 Mangunreja

TASIKMALAYA – Hermawan, Pembina Pramuka SMPN 2 Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menegaskan tentang pentingnya Pramuka untuk menempa karakter baik para peserta didik.

“Dalam ekstrakulikuler ini para siswa akan dibina karakter, khususnya dalam hal tanggung jawabnya sebagai warga negara yang baik,” tandasnya.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Selain itu, melalui setiap kegiatan Pramuka, para peserta didik juga dilatih menjadi sosok yang mandiri, cerdas, cermat, disiplin, dan bersahaja.

Setiap kegiatan dalam ekstrakulikuler Pramuka tak hanya dilakukan sebatas seremonial, tetapi ada banyak kegiatan yang memberikan arti mendalam bagi pendidikan mental serta karakter mereka.

Sebagai contoh jelajah alam. Melalui kegiatan itu, para siswa tak hanya bisa mendapatkan pengalaman baru, tetapi juga bisa melatih sisi mentalitas mereka.

“Seperti melatih gotong royong sejak dini, menjadikan sosok yang pemberani, membuat fisik siswa kuat, juga mampu mengendalikan diri dengan lebih baik,” terangnya.

Ia menegaskan, mereka yang aktif dalam berorganisasi, akan memiliki tingkat kecerdasan serta kemampuan yang lebih mumpuni, baik dalam segi karakter, pengalaman, bahkan pengetahuan.

“Dengan banyaknya kegiatan serta pendidikan mental dan karakter dalam kepramukaan, diharapkan kelak para siswa itu akan mengimplementasikanya dalam bermasyarakat,” imbuhnya. ***