Mendongeng dan Jadi Volunteer di Hari Gerakan Membaca

oleh -6 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

SETIAP tahun, 12 November diperingati sebagai Hari Gerakan Membaca Nasional. Salah satu kegiatan asyik pada hari itu adalah mengajak anak muda mendongeng alias story telling.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI bersama Komunitas Shout Out. Selain aktivitas mendongeng, rangkaian kegiatan Hari Gerakan Membaca Nasional juga diisi dengan talkshow bersama selebriti Indonesia, di antaranya Luna Maya dan Vidi Aldiano.

banner 728x90

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Sri Sularsih mengapresiasi dukungan para selebriti dan komunitas Shout Out dalam membudidayakan gerakan membaca.

“Visi kami saat ini, terwujudnya Indonesia cerdas melalui gemar membaca dengan memperdayakan perpustakaan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterimaOkezone, Sabtu (14/11/2015).

Salah satu pendiri Gerakan Shout Out, Tatjana Saphira menyatakan, dia mendirikan komunitas tersebut bersama rekannya yakni Dita Soedarjo, karena merasa peduli terhadap pendidikan anak-anak Indonesia. Selain mendukung aktivitas mendongeng dalam rangka Hari Gerakan Membaca Nasional, komunitas ini juga memiliki berbagai program rutin.

“Kami akan mulai melaksanakan kegiatan bagi-bagi buku setiap pekan. Selain itu kami juga ingin memperkenalkan internet kepada anak-anak,” ujar Tatjana.

Sementara itu, Dita Soedarjo mengimbuhkan, melalui komunitas Shout Out, mereka juga mengajak anak muda Indonesia untuk menjadi sukarelawan.(news.okezone.com)

Dengan menjadi volunteer, kata Dita, generasi muda Tanah Air bisa membantu pendidikan di Indonesia. Menurutnya, sudah selayaknya pemuda Indonesia yang mampu berbagi dengan anak mereka tidak memiliki kesempatan meraih pendidikan.

“Anak muda bisa menjadi agen perubahan. Mungkin kamu tidak bisa membagi buku atau makanan, tapi kalau mau jadi volunteer, kami sudah senang banget,” tutur Dita.