Mendikbud: Usia PAUD adalah Usia Keemasan

oleh -3 views
ilustrasi
Arrief Ramdhani
ilustrasi
ilustrasi

ANGKA Partisipasi Kasar (APK) pendidikan anak usia dini (PAUD) meningkat setiap tahun, terhitung sejak tahun 2012. Pemerintah pun terus berusaha meningkatkan APK PAUD mengingat usia PAUD merupakan usia keemasan dalam pertumbuhan anak Indonesia. Demikian diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mohammad Nuh) saat memberikan sambutan di acara Gebyar PAUD 2014.

Mendikbud menjelaskan, pada tahun 2012 APK PAUD sebesar 63,01 persen. Kemudian tahun 2013 naik menjadi 68,01 persen. Tahun 2014 diharapkan APK PAUD bisa mencapai 72,9 persen, sehingga target pada tahun 2015, yaitu mencapai angka 75 persen dapat tercapai.

Mendikbud juga mengatakan, berdasarkan hasil sensus, saat ini ada 45,5 juta anak Indonesia berusia 0-9 tahun. Pada saat usia 100 tahun kemerdekaan Indonesia, mereka akan berusia 35-45 tahun sebagai generasi penerus bangsa. “Kita harus mempersiapkan mereka sebaik mungkin, terutama pendidikan untuk anak usia dini,” ujarnya.

Pendidikan anak usia dini, katanya, merupakan hal yang penting dan genting. Penting karena substansi persoalannya, dan genting karena ketersediaan waktu. “Karena pendidikan anak usia dini ini menentukan masa depan dari anak itu sendiri sekaligus menentukan masa depan bangsa,” tutur Mendikbud.

Karena itu untuk mencapai target APK PAUD tahun 2015 yang mencapai 75 persen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan membangun sinergitas dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Selain itu Kemdikbud juga terus memperbaiki PAUD secara kelembagaan, peraturan atau payung hukum, sistem pembelajaran, serta usaha perlindungan terhadap anak-anak.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.