Mendikbud Tawarkan Beasiswa Presiden RI

Wednesday 02 April 2014 , 4:07 AM
Mendikbud Mohammad Nuh

Mendikbud Mohammad Nuh

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan menawarkan beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi jenjang master (S2) dan doktor (S3) pada 50 universitas ternama di luar negeri.

“BPRI atau Presidential Scholarship merupakan beasiswa penuh yang akan menanggung semua biaya studi hingga selesai. Program beasiswa ini akan diresmikan oleh Presiden pada Rabu (2/4),” kata Menteri Pendidikan dan kebudayaan Mohammad Nuh dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (1/4).

Menurut dia, ide peluncuran beasiswa tersebut disampaikan oleh presiden sejak awal 2013 melihat pada bonus demografi dan mempersiapkan generasi emas 100 tahun pada tahun 2045 dimana bangsa Indonesia akan memiliki populasi usia muda yang besar.

Lebih lanjut Nuh mengatakan bila melihat kemajuan layanan pendidikan di Tanah Air terkait angka partisipasi kasar (APK) Sekolah Dasar sudah tercapai bahkan lebih. Bahkan, tambahnya, ada anak-anak sebelum usia 6 tahun sudah duduk di bangku SD. Selanjutnya, APK untuk jenjang SMP juga sudah memenuhi target 100 persen bahkan lebih.

Namun demikian APK untuk jenjang menengah baik SMA/SMK masih belum memenuhi target sehingga pemerintah berupaya memenuhi target tersebut melalui Program Pendidikan Menengah Universal (PMU) dengan membuka peluang sebesar-besarnya bagi lulusan SMP untuk bisa melanjutkan ke jenjang sekolah menengah atas.

“Dengan PMU diharapkan pada tahun 2015 nanti angka partisipasi aksara tingkat menengah bisa tercapai 97 persen,” kata Mendikbud.(republika.co.id)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.