Mendikbud Siapkan Rp1,4 T untuk Bidikmisi 2013

oleh -1 views
Ilustrasi (solopos.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (solopos.com)
Ilustrasi (solopos.com)

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengucurkan dana Rp1,4 triliun untuk program Bidikmisi melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2013 ini.
“Anggaran Bidikmisi sebesar itu diperuntukkan bagi sekira 91 ribu mahasiswa,” ungkap M Nuh kepada wartawan, seusai menandatangani peresmian tujuh gedung dan satu renovasi stadion di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS), di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (11/3/2013).

Nuh mengimbuh, pemberian Bidikmisi tidak hanya sebatas pada pendidikan perkuliahan, tetapi juga hingga pada keprofesian seperti Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

“Misalnya pemberian Bidikmisi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran tidak berhenti saat mahasiswa meraih sarjana kedokteran, tetapi lanjut pada pendidikan profesi dokternya. Demikian halnya mahasiswa FKIP,” jelasnya.

Mantan rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya itu memaparkan, saat ini Bidikmisi sudah menjadi program nasional yang dipayungi Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012. Setiap tahun, Kemendikbud mengalokasikan dana pendidikan 20% untuk mahasiswa tidak mampu tetapi berprestasi. Bagi penerima Bidikmisi, ujar Nuh, biaya pendidikan harus bebas, sedang biaya hidup dihitung sesuai kebutuhan hidup layak.

“Salah satu tujuan digulirkan Bidikmisi adalah untuk memotong rantai garis kemiskinan. Artinya tidak ada anak yang terbatas ekonominya yang tidak dapat kuliah,” tuturnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.