Mendikbud Jelaskan Konsep Sekolah Pendidikan Karakter

oleh -32 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy ingin menjadikan Kabupaten Malang sebagai percontohan penerapan program sekolah pendidikan karakter atau full day school. Ia menjelaskan, konsep full day schoolyakni, mendidik karakter anak dari SD, SMP dan SMA.
“Inilah contoh sekolah yang mengemabangkan aktifitas kepribadian pendididkan karakter,” kata Muhadjir saat meninjau SD Sabiliah di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (2/9).

Ia menuturkan, SD Sabiliah menjadi sekolah pendidikan karakter sejak 2006. Setiap siswa, diajari bagaimana aturan makan, bersikap dihadapan orang tua, berbagi dan kebersamaan dengan teman.

“Menurut saya, kalau mau mencetak generasi muda yang bagus dari kecil ditanamkan,” ujar dia.

Kendati demikian, Muhadjir berujar pendidikan keluarga dan masyarakat tidak kalah penting dari pendidikan karakter. Namun, ia menegaskan, pendidikan karakter akan fokus mendidik semua hal dari dasar.

“Tergantung sekolah masing-masing. Dan tak boleh dipakai alasan fasilitas tak lengkap (untuk menolak penerapan sekolah pendidikan karakter),” jelasnya.
Mendikbud menyebut, semua sekolah mampu menerapkan konsep pendidikan karakter. Pun demikian dengan sekolah-sekolah di desa.

“Nanti ada yang ditentukan, ada yang melamar. Sekarang sudah ratusan yang mengajukan, termasuk kabupaten. Kita sangat potensial mengambangkan pendidikan karakter,” katanya.

Ia mencontohkan salah kabupaten yang sudah menerapkan konsep pendidikan karakter yakni Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Di daerah itu, ia menjelaskan, bupati mengeluarkan surat keputusan (SK) penyelenggaraan sekolah pendidikan karakter. Salah satu yang diatur, ia berujar, yakni anak-anak belajar sampai pukul 13.00 WIB setelah itu diambil alih oleh guru ekstrakulikuler, seperti guru ngaji, guru olahraga.

“Kalau di desa, bisa bu lurah yang nangani soal makan. Sebetunya semua sekolah bisa menerapkan, tergantung kepala sekolahnya saja,” katanya.(republika.co.id)