Mendikbud Didesak Sampaikan Hasil Investigasi UN

oleh -0 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

IRJEN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Haryono Umar meminta menteri untuk segera mempublikasikan hasil investigasi pelanggaran Ujian Nasional (UN) secara terbuka.
Haryono menjelaskan, transparansi investigasi ini perlu disampaikan karena jika semakin lama diendapkan maka masyarakat akan semakin bertanya-tanya. Selain itu juga akan menimbulkan citra buruk ke kementerian.

Apalagi, fakta yang sudah disampaikan ke mendikbud mengungkap banyak pelanggaran yang dilakukan pejabat Kemendikbud, percetakan dan pengawas UN. Irjen juga sudah memberikan usulan sanksi kepada para pelanggar, perubahan manajemen UN dan bagaimana kredibilitas UN serta legitimasi UN.

Mantan petinggi KPK ini menegaskan, jika bukan Rabu kemarin maka hari ini mendikbud harus menyampaikan hasil investigasi ini ke publik. Pasalnya, keputusan tegas dari menteri akan berpengaruh positif sehingga permasalahan di UN tidak terulang kembali.

“Makanya harus disampaikan utuh. Jangan setengah-setengah. Mendikbud sudah pernah janji menyampaikannya ke publik,” katanya, di Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Haryono menambahkan, jika memang menteri merasa perlu menyampaikannya ke presiden maka itu hak prerogatif menteri. Akan tetapi, ujarnya, sebenarnya laporan itu sudah cukup disampaikan ke menteri saja. Selanjutnya menteri menyampaikannya kepada publik.

Dia menjelaskan, rekomendasi sanksi yang mengarah ke pidana akan dipertajam pada audit tender. Sedangkan audit kemarin hanya menyangkut keterlambatan pelaksanaan UN saja. Dia menjelaskan, laporan tersebut secepatnya akan disampaikan ke KPK. Ketika ditanya apakah ada rekomendasi penghapusan UN, dia menyebutkan, pernyataan terkait hal itu merupakan kewenangan menteri karena semua materi investigasi sudah disampaikan ke menteri.

Sebelumnya diberitakan, Mendikbud Mohammad Nuh menyatakan, hasl investigasi irjen memang masih dipelajari. Dia mengaku investigasi tersebut akan disampaikan terlebih dulu ke presiden.

Dia menyampaikan hasil investigasi irjen hanya sebatas rekomendasi yang belum perlu ditindaklanjuti. Mendikbud mengungkapkan, dia tidak bermaksud menutup-nutupi hasil kasus ini. Apalagi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pun sudah melakukan audit dengan tujuan tertentu.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.