Mendikbud Berikan Penghargaan kepada Bunda PAUD Berprestasi

oleh -3 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memberikan penghargaan kepada Bunda PAUD Berprestasi dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bunda PAUD Indonesia Tahun 2013. Penghargaan Bunda PAUD Berprestasi diberikan kepada enam Bunda PAUD dari tiga provinsi, yaitu Provinsi Riau, Lampung, dan Sumatera Barat, serta tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah; Kota Bontang, Kalimantan Timur; dan Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Dalam sambutannya Mendikbud memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para Bunda PAUD yang datang dari berbagai wilayah Indonesia atas kontribusinya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Mendikbud juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh lapisan masyarakat yang turut serta memajukan pendidikan anak usia dini.

“Semua bunga hari esok adalah benih-benih hari ini,” ujar Menteri Nuh menyampaikan sebuah pepatah saat memberikan sambutan di hadapan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono dan ratusan Bunda PAUD di Istana Negara, Jakarta, (19/11).

Menteri Nuh menganalogikan benih sebagai anak-anak Indonesia, dan bunga sebagai manusia Indonesia seutuhnya. Melalui pepatah tersebut, ia mengajak Bunda PAUD dan seluruh lapisan masyarakat untuk menyemai benih-benih serta merawat dan melindunginya agar kelak bisa tumbuh menjadi bunga-bunga bangsa yang memberikan kemanfaatan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia juga mengingatkan semua pihak mengenai pentingnya menciptakan generasi emas Indonesia yang mampu bersaing pada tahun 2045, atau tepat saat 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

“Tidak ada cara lain kecuali memberikan layanan pendidikan dan kesehatan kepada anak-anak usia dini dan anak-anak kita, karena mereka lah yang akan mengelola bangsa dan negara ini,” katanya yang berharap bisa tercipta sinergi yang baik antara Posyandu dan lembaga PAUD di daerah-daerah dalam menciptakan generasi yang handal.

Mendikbud juga melaporkan, hingga saat ini telah dilantik Bunda PAUD dari 31 provinsi dan 309 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Bunda PAUD merupakan istri dari para pimpinan daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Pelantikan Bunda PAUD di daerah-daerah dimulai setelah Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono ditetapkan sebagai Bunda PAUD Indonesia pada 2011 lalu. Setelah Ibu Negara menjadi Bunda PAUD Indonesia, respon positif yang luar biasa diberikan para istri gubernur dan bupati/walikota dari berbagai daerah.

Pemberian penghargaan kepada Bunda PAUD Berprestasi berlangsung di sela-sela acara pembukaan Rakornas Bunda PAUD Indonesia Tahun 2013 di Istana Negara. Acara pembukaan juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Na’im, dan Dirjen PAUDNI Lydia Freyani Hawadi.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.