Mendikbud: Anggaran Pendidikan Bisa Berubah

oleh -2 views
Mendikbud Mohammad Nuh
Arrief Ramdhani
Mendikbud Mohammad Nuh
Mendikbud Mohammad Nuh

DARI alokasi Rp371,2 triliun untuk anggaran pendidikan nasional, Rp82,7 triliun di antaranya adalah jatah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, angka ini masih dapat berubah.
Mendikbud M Nuh menjelaskan, RUU APBN dan Nota Keuangan ini bisa berubah. Artinya anggaran pendidikan untuk Kemendikbud tadi pun belum pasti.

“Mulai 1 September akan membahas Rancangan Anggaran Kegiatan Kementerian/Lembaga (RAKKL) untuk anggaran 2014. Nanti November sudah dikeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) tentang kegiatan anggaran tahun 2014, kemudian Desember sudah melakukan kegiatan tender yang disiapkan,” ujar Mendikbud M  Nuh usai upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, di Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8/2013).

Mantan Menkominfo itu membeberkan, RAKKL juga akan dibahas bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan perlengkapan-perlengkapan dokumen yang memenuhi syarat. Kemendikbud sendiri telah membuat tim yang menyiapkan seluruh dokumen terkait anggaran 2014. Melibatkan Direktorat, Kementerian mengambil alih pembahasan dengan teliti dan baik, termasuk dengan objektif di setiap kegiatan dan prosedur.

“Itu merupakan sepenuhnya tanggung jawab dari KL. Selama ini dokumen-dokumen tentang RAKKL yang dibahas bersama di Kemenkeu selalu disetujui,” klaimnya.

Seitiap tahun, anggaran pendidikan Kemendikbud akan dipergunakan untuk gaji guru, beasiswa, program Pendidikan Menengah Universal (PMU), Kurikulum 2013, infrastruktur sekolah, dan lain-lain. Sedikitnya Rp9 triliun akan dipakai untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Beasiswa Siswa Miskin (BSM).

Pada 2013, pemerintah mengalokasikan Rp345,3 triliun untuk anggaran pendidikan. Sementara pada 2014, anggaran tersebut direncanakan sebesar Rp371,2 triliun, atau naik 7,5 persen.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.