Membangun SDM Harus Dimulai dari Membenahi Bidang Pendidikan

Tuesday 22 October 2019 , 10:59 AM

Ilustrasi (solopos.com)

PENGAMAT  Pendidikan Indra Charismiadji menegaskan, keinginan Jokowi untuk membangun SDM unggul harus diawali dengan membenahi bidang pendidikan. Mulai dari pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi.

Ia menuturkan, membangun SDM yang kompetitif akan menghadapi beragam masalah. Dengan demikian, sebagai langkah awal, Jokowi harus menempatkan orang yang kompeten dan profesional sebagai menteri bidang pendidikan nasional.

“Harus sosok yang paham dengan pola pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. Artinya harus orang yang mampu mengimplementasikan teknologi di bidang pendidikan itu sendiri. Sosok menteri yang bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan,” kata Indra.

Ia menuturkan, pendidikan akan menjadi ruh dalam membangun mutu SDM selain bidang lainnya seperti kesehatan dan ekonomi. Menurut dia, Jokowi harus mendorong para menterinya di bidang pembangunan manusia untuk membuat cetak biru pendidikan jangka panjang.

“Saat ini belum ada cetak biru pembangunan SDM, termasuk sektor pendidikan dan lintas kementerian lainnya yang terkait. Membangun SDM unggul harus berbasis sains, teknologi, matematika dan kebudayaan. Inilah yang membuat kementerian pendidikan dasar dan menengah serta dan pendidikan tinggi menjadi sangat penting terkait SDM unggul,” katanya.

Indra menegaskan, mutu pendidikan nasional hingga saat ini sudah membaik meskipun tidak secara signifikan. Pasalnya, masih banyak program yang tumpang tindih di antara lintas kementerian yang bersinggungan dengan sektor pendidikan. Oleh karena itu, cetak biru bidang pendidikan diperlukan.(pikiran-rakyat.com)

Comments are closed.