Membaca Senyap dengan “Basoka”

oleh -10 views
Peserta didik menulis sendiri hasil membaca senyap sesuai pemahamannya.(prioritaspendidikan.org)
Arrief Ramdhani
Peserta didik menulis sendiri hasil membaca senyap sesuai pemahamannya.(prioritaspendidikan.org)
Peserta didik menulis sendiri hasil membaca senyap sesuai pemahamannya.(prioritaspendidikan.org)

SAYA mendekati salah seorang murid di kelas 8.1 SMPN 1 Cihampelas pada saat kegiatan pembelajaran karena terlihat tidak seaktif peserta didik yang lain. Saya bertanya kepadanya, “Alika, kok seperti nggaksemangat nih belajarnya, kenapa?” Dia memandang saya sambil tersenyum, “Hehe….males, Bu. IPS banyak yang harus dibacanya, saya nggak suka banyak baca, Bu!”

Masalah yang diungkapkan Alika tentunya merupakan masalah klasik yang harus segera diatasi. Dari kejadian tersebut, saya sebagai guru berupaya agar peserta didik gemar membaca dan bertanya karena  keterampilan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran IPS adalah keterampilan bertanya. IPS merupakan pelajaran interdisipliner yang merupakan gabungan dari beberapa disiplin ilmu dengan “segudang” materi yang harus dibaca. Tanpa membaca, akan nihil hasil belajarnya. Setelah ada lokakarya yang diselenggarakan USAID PRIORITAS tentang literasi, sekarang ini, dalam setiap pembelajaran saya selipkan kegiatan membaca senyap selama 10 menit pada KBM, terutama dalam  kegiatan mengumpulkan informasi  dengan diberi nama “Basoka “ (baca senyap oke punya).

banner 728x90

Ketika membaca senyap berlangsung, kelas dikondisikan sampai betul-betul hening, peserta didik diperbolehkan memilih tempat membaca sesuai dengan keinginannya sebelum mereka kembali ke kelompoknya untuk berdiskusi. Selain itu, lembar kerja yang dibuat menuntut peserta didik untuk menuangkan apa yang telah dibacanya dengan pemahaman mereka sendiri dalam lembar kerja (LK). Hasil dari membaca senyap selama penerapannya dua minggu menampakkan kemajuan keaktifan peserta didik dalam mengerjakan tugasnya. Gambar berikut contoh dari hasil pekerjaan peserta didik setelah peserta didik membaca dan menulis ulang sendiri apa yang telah dipahaminya.

Kegiatan membaca senyap dan menuangkan tulisan sesuai pemahaman peserta didik akan melatih keterampilan sosial peserta didik yang menjadikan peserta didik memiliki keterampilan informasi (memperoleh, mengorganisasi, dan menggunakan informasi), memiliki keterampilan berinteraksi sosial, dan memiliki keterampilan untuk berpartisipasi dalam masyarakat sesuai dengan  tujuan pembelajaran IPS.(prioritaspendidikan.org)

Oleh: Dian Diana, Guru SMPN 1 Cihampelas, Bandung Barat