Memaknai Semarak HUT Kemerdekaan ala Anies Baswedan

Thursday 18 August 2016 , 8:36 AM
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. (jabartribunnews.com)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. (jabartribunnews.com)

SELAIN upacara bendera, perayaan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) juga identik dengan lomba-lomba di lingkungan masyarakat. Baik anak-anak maupun orang dewasa tak ketinggalan mengikuti beragam lomba, seperti balap karung, panjat pinang, balap bakiak, makan kerupuk, dan lain sebagainya. Kemeriahan pun semakin terlihat dengan berbagai hiasan khas 17 Agustus yang bernuansa merah-putih.

Semarak HUT ke-71 RI ini juga dialami oleh Anies Baswedan. Sejak kecil, dia mengaku kerap berpartisipasi dalam kegiatan lomba 17 Agustus di lingkungan rumahnya.

“Saya ikut lomba kelereng, lomba pukul kendi, dan segala macamnya. Termasuk juga ikutan pentas, baca deklamasi. Itu beberapa kenangan saat saya masih kecil dan tinggal di Yogyakarta,” kenangnya kala ditemuiOkezone di rumah pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta, belum lama ini.

Bagi mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) itu, perlombaan tahunan yang diadakan setiap menyambut 17 tahun memiliki filosofi tersendiri. Kegiatan tersebut juga menjadi ajang silahturahmi masyarakat yang sehari-harinya disibukkan dengan berbagai runititas.

“Yang dapat diambil filosofinya dari lomba adalah manusia itu makhluk bermain, sehingga pengalaman kemerdekaan itu diekspresikan dengan cara-cara penuh permainan. Jadi meski sederhana, tetapi hal itu memberikan ciri kemerdekaan Indonesia,” sebutnya.

Anies menjelaskan, tak ada perbedaan kondisi sosial atau ekonomi pada pelaksanaan lomba 17 Agustus. Artinya, permainan tersebut membangun kekohesifan di masyarakat karena levelnya ada di kampung, RT, atau RW.

“Setiap pertandingan semua warga terlibat, ada yang lomba dan sebagian menonton. Di situlah terjadi interaksi. Apalagi di kota besar yang masyarakatnya jarang bertemu,” ucapnya.

Di lingkungan rumahnya, ayah empat anak ini mengungkapkan, rutin mengadakan kegiatan peringatan HUT RI di kediamannya. Pasalnya, kediaman Anies berada di tengah perkampungan dan memiliki ruang yang cukup luas untuk arena berkumpul warga.

“Tahun lalu bikin acara di depan. Tempat ini terbuka, setiap sore ada yang mengaji, rapat pemuda, PAUD, Pospindu, juga pernah dipakai nikahan. Karena kita ada di tengah masyarakat,” pungkasnya. (news.okezone.com)

 

Comments are closed.