Melibatkan Perusahaan Swasta, Tata Kelola Sekolah Sehat di Purwakarta

Friday 14 February 2020 , 7:51 AM

Ilustrasi (kapuas.info)

LINGKUNGAN  yang bersih di sekolah menjadi salah satu faktor pendukung anak dalam belajar. Sebanyak tujuh Sekolah Dasar di Kabupaten Purwakarta mendapatkan bantuan dari pihak swasta, untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan sekolah mereka.

Bagi kami, prestasi anak tidak mutlak dari sisi akademik. Tapi dari sekolah yang sehat melahirkan anak sehat, lingkungan yang menyenangkan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto, Kamis, 13 Februari 2020.

Pemerintah daerah setempat diakui tengah menggalakkan program pengolahan sampah di lingkungan sekolah. Program tersebut juga melibatkan perusahaan swasta salah satunya adalah Japfa.

“Japfa punya program meningkatkan tata kelola sekolah sehat melalui pelatihan guru-gurunya,” kata Purwanto. Pelatihan itu meliputi pengelolaan sampah hingga arsip penataan sekolah terkait lingkungan yang sehat.

Program tersebut direalisasikan oleh unit usaha Japfa di Purwakarta, yakni PT Suri Tani Pemuka (STP) Purwakarta.

Kepala Unit STP Aminto Nugroho mengatakan, program bernama Japfa for Kids diaktualisasikan dalam bentuk pelatihan kepada pendidik sekolah yang terpilih.

Sebanyak 1.944 murid dan 11 guru mengikuti pelatihan tersebut di SD Negeri 02 Cisereuh, Kabupaten Purwakarta, Rabu, 12 Februari 2020 lalu. Mereka berasal dari SDN Cibatu, SDN 1 Cilandak, SDN 2 Cilandak, SDN 3 Cilandak, SDN Karyamekar, SDN 2 Cisereuh dan SDN 8 Cisereuh.

“Selain enak dipandang, kebiasaan yang kami ajarkan untuk menerapkan gizi seimbang dan cuci tangan pakai sabun, dapat menjaga kekebalan tubuh anak dan mendukungnya untuk dapat secara aktif berkegiatan di sekolah,” tutur Aminto, melalui keterangan persnya.

Selain melakukan diskusi mengenai manajemen tata kelola sekolah untuk
guru, ada pula pelatihan Duta Anak Sehat, Duta Lingkungan Sehat, dan Duta Makanan Sehat bagi siswa. Efektivitas program tersebut membutuhkan sinergitas yang baik antara pemerintah, sekolah, dan swasta.(pikiran-rakyat.com)

Comments are closed.