Melibatkan Peran Aktif Orang Tua

oleh -1 views
PicuPicu Kreativitas - istimewa
Arrief Ramdhani
PicuPicu Kreativitas - istimewa
PicuPicu Kreativitas – istimewa

BERBEDA dengan lembaga pendidikan anak usia dini pada umumnya, untuk memberi hasil efektif, PicuPicu Kreativitas melibatkan orang tua secara aktif dalam proses belajar mengajar.

Kepala Sekolah PicuPacu Kreativitas, Nurani Widaningsih menjelaskan, selain melalui dongeng, anak-anak diberikan stimulasi kreatif dan ruang bagi tumbuh kembang anak. Stimulasi tersebut diberikan agar anak-anak memberikan feedback dan dirangsang untuk berpikir.

Agar anak-anak tidak bosan, PicuPacu Kreativitas memberikan tema pembelajaran yang berbeda tiap bulannya. Untuk bulan ini misalnya, para pengajar mengambil tema sejarah mengenai dinosaurus.

Para pengajar pun mengajak anak-anak untuk berani dalam program-programnya. Anak-anak tersebut diminta untuk presentasi di depan teman-temannya.

“Jadi sebelumnya ada program berkemah dengan orang tua, tidak perlu di alam, di halaman rumah juga bisa. Kemudian anak-anak presentasi di depan teman-temannya. Tujuannya biar dia berani tampil. Enggak perlu bagus juga enggak masalah. Asal berani,” ujar Rani.

Dalam program Daycare pun, tidak serta-merta orang tua hanya menitipkan anaknya saja di PicuPacu Kreativitas. Tiap awal semester, orang tua diundang untuk sosialisasi program semester untuk menyamakan visi dan misi dalam pendidikan anak. Program ini terus dilakukan setiap tiga bulan.

“Selain itu, PicuPacu Kreativitas memberikan laporan harian kepada orang tua. Isinya, kegiatan dan stimulus apa saja yang diberikan pada anak. Dalam laporan tersebut juga, orang tua diminta untuk memberikan feedback. Jangan sampai di sekolah begini, di rumah begitu. Jadi tidak selaras,” ucap Rani.

Metode belajar seperti di atas, mendapat sambutan positif para orang tua, seperti diakui Meidina. Dia mengatakan, cara yang diterapkan PicuPacu Kreativitas tidak hanya mendorong anak-anak lebih kreatif.

“Semua yang dibutuhkan anak ada di program-program PicuPacu. Apalagi untuk sekarang setiap bulan selalu ada tema baru dan sangat menyenangkan,” jelasnya.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.