Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif dan Edukatif Berbasis Budaya Lokal bagi PAUD ala UPI Cibiru

oleh -46 views
berita.upi.edu
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

UPI Kampus Cibiru telah sukses menyelenggarakan seminar nasional dengan tema Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif dan Edukatif Berbasis Budaya Lokal bagi Pendidikan Anak Usia Dini  pada Sabtu,8 Maret 2014 bertempat di Auditorium UPI Kampus Cibiru. Acara tersebut dibuka oleh Prof. Dr. H. Juntika Nurihsan, M.Pd. dan dihadiri oleh para tamu undangan yaitu Ketua Himpaudi Jawa Barat, Hj. Anna Anggraeni, S.Pd,  Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, dr. Hj. Fathonah, dan Kabid PNFI Kabupaten Bandung, Drs. H. Asep Hendian, M.Pd. Selain itu acara dibuka dengan kreasi dari anak-anak TK Laboratorium UPI Kampus Cibiru yang menampilkan kaulinan dengan menggunakan alat bermain produksi Bang Mejar UPI Kampus Cibiru.

Pada acara yang dipadati hingga 300 orang peserta ini, materi disampaikan oleh pembicara utama seminar yang pertama yakni Prof. dr. H. Fasli Jalal, Ph.D, Sp.GK yang menjabat sebagai Ketua BKKBN Pusat dan Pembina HIMPAUDI Pusat. Pada sesi ini disampaikan materi mengenai “Peran Alat Permainan Edukatif dalam Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif”. Dalam pemaparannya, Dirjen PAUD periode 2011-2013 tersebut menyampaikan bahwa anak usia dini dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari asuhan, gizi, interaksi baik itu dengan orang tua, guru, teman maupun lingkungan. Oleh sebab itu, peran guru sangat penting untuk mengarahkan anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik dalam berbagai faktor yang mempengaruhinya tersebut. Bertemali dengan hal tersebut, dalam Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif terdapat lima pilar meliputi kesehatan, nutrisi, stimulasi dini, parenting serta hak dan proteksi anak.

Pembicara utama yang kedua dalam kegiatan ini adalah Zaini Alif, M.Sn, yang menyampaikan materi mengenai “Sistem Tata Nilai dalam Mainan dan Permainan Tradisional”. Pendiri Komunitas Hong ini menyampaikan bahwa permainan dapat mengoptimalkan otak kiri dan otak kanan sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak. Dengan permainan anak mampu mengenal diri, mengenal alam lingkungan, dan mengenal Tuhannya.

Setelah materi seminar yang disampaikan oleh kedua keynotespeaker, acara dilanjutkan dengan pemaparan Drs. Solihin Ichas Hamied, M.Pd. selaku Ketua Pusat Kajian Pengembangan Media Pembelajaran PAUD UPI Kampus Cibiru yang memaparkan strategi-strategi mencipta dan memilih media yang tepat bagi pendidikan anak usia dini.

Kesempatan ini juga merupakan launching Bengkel Kerja UPI Kampus Cibiru yang mendapatkan Hibah BOPTN Dikti Program Keunggulan Lembaga. UPI Kampus Cibiru memperkenalkan beberapa produk alat bermain bagi anak usia dini yang telah diproduksi dengan memperhatikan karakteristik usia dini dan nilai-nilai kearifan lokal. Alat-alat bermain tersebut telah diuji keamanan serta kebermanfaatannya sesuai dengan tugas perkembangan anak usia dini.

Pasca pemaparan ini acara dilanjutkan dengan diskusi paralel oleh 39 pemakalah dengan inti materi mengenai media pembelajaran kreatif, inovatif dan edukatif yang disesuaikan dengan perkembangan anak usia dini dan kearifan lokal. “Seminar ini bagus dan saya mendukung seminar ini karena seorang guru dapat mengembangkan media secara kreatif, inovatif dan edukatif, sehingga seorang guru tidak hanya membeli media saja di toko namun mampu membuat media sendiri”, demikian penuturan Drs. H. Asep Hendian, M.Pd. selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung.

Mahasiswa dan peserta umum pun berpendapat bahwa acara seminar ini bagus dan mendukung untuk pengembangan media pembelajaran bagi calon pendidik dan pendidik anak usia dini. Sementara itu, harapan Dr. Hj. Lely Halimah, M.Pd. selaku ketua pelaksana adalah bahwa seminar ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi calon guru dan guru mengenai pentingnya media pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan potensi peserta didik. Acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran mobil pintar yang langsung didatangkan dari UPI Kampus Bumi Siliwangi yang langsung diramaikan oleh kehadiran para siswa TK Laboratorium UPI Kampus Cibiru selepas mereka menjadi pengisi acara pada pembukaan seminar. Di mobil pintar tersebut, para siswa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti membaca buku bergambar, mewarnai gambar, menyusun puzzle, serta aktivitas bermain lainnya.(berita.upi.edu)

 

 

One thought on “Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif dan Edukatif Berbasis Budaya Lokal bagi PAUD ala UPI Cibiru

  1. Salam sejahtera,asalamualaikum warrohmatullahiwabarokatu..dengan saya melihat kabar di berita.upi.edu kami dari pt. Sevencrayon sangat mendukung sekali acara seminar pendidikan himpaudi tersebut dan senang sekali apabila himpaudi upi dapat bekerjasama dengan perusahaan kami,disini kami ingin menawarkan produk-produk mainan edukatif untuk anak usia dini ataupun tk-tpa apabila berkenan bapak/ibu kepala himpaudi dapat bekerjasama dengan perusahaan kami bisa menghubungi ke no tlp. 08112121788/082126523560 terimaksih atas perhatiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.