MBKM; Semangat Transformasi Pendidikan Tinggi

oleh -16 views

Sebagai upaya mendorong transformasi pendidikan tinggi melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) kembali menggelar Anugerah Diktiristek 2021.

Selain dua kategori yaitu Anugerah Humas serta Anugerah Jurnalis dan Media yang rutin diberikan sejak 2017, tahun ini Kemendikbudristek memberikan penghargaan melalui Anugerah Kampus Merdeka dan Anugerah Kerja Sama.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek, Nizam mengatakan, melalui program MBKM, kata Nizam, Kemendikbudristek saat ini sedang melakukan transformasi di bidang pendidikan tinggi dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk Indonesia yang maju.

‘’Ketika saya bertanya kepada mahasiswa yang mengikuti magang, apakah Merdeka Belajar ini bermanfaat bagi kalian? Jawabannya, selama ini saya hanya belajar dari buku Pak. Sekarang saya merasakan betul bagaimana tantangannya, bagaimana prakteknya, dan apa yang ada di lapangan itu, jauh dari apa yang ada di buku. Itu banyak sekali kekayaan ilmu yang tidak didapatkan di dalam kelas,’’ tutur Nizam dalam sambutannya pada acara Anugerah Diktiristek 2021, di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis (13/1).

Untuk itu, melalui anugerah ini, Nizam berharap dukungan dari seluruh pimpinan perguruan tinggi untuk menjalankan program-program yang ada pada program Kampus Merdeka. ‘’Mohon dukungan dari seluruh pimpinan perguruan tinggi untuk merelakan para mahasiswa ini menemukan masa depannya, melepas mereka terbang bebas menemukan hari esoknya, menemukan dunia baru yang menjadi dunia mereka. Tugas kita adalah membekali dengan pondasi yang kuat dan mengantar mereka menemukan masa depannya yang terbuka dengan sangat luas,’’ kata Nizam.