Mayoritas Peserta SBMPTN Serbu Jurusan Keguruan

oleh -3 views
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)

SETIAP pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) selalu menghadirkan pertanyaan yang sama. Apa sebenarnya jurusan yang paling diminati para pelajar tahun ini?
Meski tidak merinci program studi (prodi) favorit para peserta SBMPTN, Ketua Umum Panitia SBMPTN 2013 Akhmaloka menemukan fenomena unik. Menurut Akhmaloka, minat terhadap jurusan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) terus meningkat.

“Ada perubahan minat terutama untuk LPTK. Dalam lima tahun terakhir minat tersebut naik tajam. Apalagi tahun ini dan kemarin peminatnya makin tinggi,” ujar Akhmaloka, saat konferensi pers di Gedung D, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2013).

Dia menyebut, untuk SBMPTN (ujian tulis) pada 2012, pendaftar pada jurusan LPTK sebesar 350 ribu. Sedangkan di tahun ini, jumlah pendaftar jurusan LPTK mencapai 407 ribu dari 585.789 pendaftar.

“Tahun lalu, untuk jalur Undangan (SNMPTN) jumlah pendaftar jurusan LPTK sebesar 126 ribu. Sementara tahun ini, peminat jurusan LPTK pada jalur SNMPTN berjumlah 279 ribu orang,” ungkapnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.