Mau Wisuda, Mahasiswa Unpad Wajib Isi Tracer Study

oleh -3 views
Ilustrasi :Tampilan laman Tracer Study Online Unpad.
Arrief Ramdhani
Ilustrasi :Tampilan laman Tracer Study Online Unpad.
Ilustrasi :Tampilan laman Tracer Study Online Unpad.

ADA yang unik dalam wisuda Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung kali ini. Pasalnya, mulai Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2013-2014 ini, seluruh wisudawan diwajibkan mengisi Tracer Study sebagai syarat pengambilan ijazah.
Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad menyatakan, Engkus Kuswarno Pengisian Tracer Study tersebut ditujukan khususnya untuk lulusan tahun 2009-2013. Pengisian Tracer Study itu, lanjutnya, bertujuan untuk mengetahui penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja.

“Selain itu juga bertujuan menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja, serta membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh dari perguruan tinggi,” jelas Engkus, seperti dilansir laman Unpad, Kamis (7/11/2013).

Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Isis Ikhwansyah menambahkan, pengisian Tracer Study diharapkan dapat mendeteksi seorang lulusan Unpad bekerja di mana, dapat membangun komunikasi ke depan dalam rangka membangun jaringan dengan alumni dan membangun kebutuhan skill market.

“Tracer Study ini juga menjadi bagian dari penilaian akreditasi institusi. Dari situ kita juga bisa tahu rata-rata masa tunggu lulusan Unpad untuk mendapat pekerjaan. Dari survei yang mereka isi, bisa juga dijadikan masukan untuk pengembangan kurikulum di fakultasnya,” papar Isis.

Pendapat serupa dikemukakan oleh Ketua Career Development Unpad Gatot Riwi Setyanto. Dia menjelaskan, Tracer Study berisi mengenai biodata lulusan, pengalaman pekerjaan, dan penilaian terhadap kurikulum selama kuliah di Unpad.

Terdapat sekira 100 pertanyaan berupa pilihan ganda dan isian yang harus diisi oleh lulusan Unpad. Untuk menyosialisasikan pengisian tracer study ini, pihaknya telah mengirimkan email kepada para lulusan Unpad selaku responden.

“Tracer study ini sudah sesuai dengan standar nasional dan internasional yang sudah disetujui oleh Ditjen Dikti Kemendikbud,” ujar Gatot.

Gatot mengungkap, Tracer Study akan dianalisis secara berkala untuk mengetahui penilaian alumni terhadap kurikulum dan sejauh apa kurikulum tersebut mempengaruhi pekerjaan alumni tersebut. Hal ini akan sangat berpengaruh pada pengembangan kurikulum untuk lulusan Unpad di masa datang.

“Dua tahun sekali akan diamati, dianalisis termasuk dari kurikulumnya berdasarkan umpan balik dari alumni tersebut. Selain survei kepada alumni, perusahaan tempat bekerja pun nanti akan disurvei, dimintai penilaian terhadap lulusan Unpad di perusahaannya tersebut. Misalnya ditanya mengenai loyalitas dan integritas terhadap perusahaan, serta penguasaan keterampilan yang digunakan di pekerjaan dan sebagainya,” urai Wakil Dekan II FMIPA Unpad itu.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.