Mau Masuk Kampus Negeri, Jangan Patah Semangat!

oleh -2 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PENGUMUMAN jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 sebentar lagi diumumkan. Cemas sampai bersikap santai pun dilakukan oleh para siswa yang menanti pengumuman tersebut.

Perjalanan panjang menempuh kampus negeri memang tidak mudah. Namun, selama kita berusaha dan berdoa, serta selalu semangat, kampus idaman bukan tak mungkin bisa diraih dengan mudah. Apa saja ya tahapannya?

Para siswa yang bersungguh-sungguh pun selalu semangat untuk mempersiapkan ujian-ujian mandiri lainnya. Nah, jika mereka tidak lolos di jalur undangan tersebut, maka barulah mendaftar ujian secara tertulis di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Siswa SMA Negeri 1 Pontianak, Rangga Mahesa mengaku jika dirinya tidak lolos di jalur undangan, maka dia akan segera mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian tertulis SBMPTN.

“Kalau enggak lolos SNMPTN ikut daftar SBMPTN, karena PTN  kan paling banyak di Pulau Jawa. Jadi, lebih prioritasnya oleh para siswa di Pulau Jawa dibandingkan dengan PTN di Sulawesi, Kalimantan, dan Papua tidak banyak presentasenya ” ujarnya saat dihubungi Okezone, Minggu (25/5/2014).

Dia pun berandai-andai jika dirinya tidak lolos di SBMPTN, maka akan mengikuti jalur tes mandiri di masing-masing PTN, karena masih ada tes jalur-jalur lainnya seperti di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Saat ini, Rangga juga sudah ikut mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Jakarta. Tapi, jika Rangga lolos baik di SNMPTN maupun di STIS, dia akan mempertimbangkan terlebih dahulu.
“Aku pikir-pikir dulu, aku pertimbangkan dulu. Bertanya dengan orangtua, guru, karena jurusan di SNMPTN dengan di STIS beda banget,” ungkapnya.

Rangga menambahkan, setiap jurusan pasti mempunyai kekurangan masing-masing, jadi harus matang untuk mengambil keputusan dalam memilih. Agar enak milihnya, tidak bingung, dan harus dipikirkan lagi.

Hal senada diucapkan oleh siswi SMK Rafflesia Depok, Farah Fadillah. Dirinya pun juga ikut mendaftar SBMPTN jika tidak lolos SNMPTN. “Ikut SBMPTN dan sudah mempersiapkannya, dan ikut jalur mandiri. Tapi kalau tidak lolos semua, saya mau kerja di Rumah Sakit sesuai dengan jurusan di sekolah,” tutur siswi jurusan Kesehatan itu.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.