Mau Jadi Guru? Harus Punya 4 Hal Ini

oleh -2 views
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)
Ilustrasi (aryansah.wordpress.com)

GURU harus punya karakter, berkepribadian, menjadi teladan, dan profesionalisme. Empat jabaran itu dikemukakan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Prof Ambo Asse.
Prof Ambo berbicara dalam gelaran Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru dalam Jabatan 2013 Gelombang Kedua di Auditorium Al Amien, Unismuh, Kamis (29/8/2013) malam.

PLPG Gelombang II diadakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Gelaran PLPG ini dilaksanakan Unismuh atas penunjukkan dari Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti). PLPG akan berlangsung dari 29 Agustus hingga 8 September 2013. Gelombang II akan diikuti sebanyak 180 peserta. gelombang telah berlangsung I pada 19-28 Agustus lalu.

“Dari 180 orang tersebut, 30 orang dari Guru Matematika. 30 Guru Bahasa Inggris, dan120 Guru kelas (Guru Sekolah Dasar),” kata Dekan FKIP Unismuh H Andi Sukri Syamsuri selaku ketua pelaksana PLPG.

Andi menambahkan, PLPG mempunyai dua kompetensi, yakni sosial dan kompetensi kepribadian sebagai indikator dalam kurikulum 2013, selain tetap berlanjut pada aspek sikap.

Ketua Divisi Akademik Unismuh, Munira, mengatakan bahwa peserta PLPG kali ini berasal dari tujuh daerah. Seperti Kabupaten Pinrang, Enrekang, Tanah Toraja, Tanah Toraja Utara, Luwu, Luwu Timur, dan Luwu Utara.

Menurut Munira, peserta akan diajarkan beberapa materi. Antara lain mengenai profesi guru dan materi kurikulum 2013, pendalaman materi bidang studi, workshop pengemasan perangkat pembelajaran, penelitian tindakan kelas (PTK) praktek mengajar, dan ujian kompetensi guru.

Di tempat yang sama, Rektor Unismuh sekaligus Ketua Rayon 146 Unismuh Makassar, Irwan Akib, menyatakan bahwa PLPG diadakan dalam rangka peningkatan kualitas bagi tamatan Strata Satu (S1) atau sederajat di bawah lima tahun masa jabatan.

Output dari kegiatan ini adalah guru akan dinobatkan sebagai guru yang profesional, sehingga pendidikan di Indonesia bisa menjadi lebih baik dan berkualitas,” ucap Irwan.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.