Mau Jadi Diplomat? Coba Aja Tes CPNS Kemlu

oleh -25 views
Kementerian PANRB menggelar simulasi CAT untuk tes CPNS di UPI, Bandung. (Foto: dok. Kementerian PANRB)
Arrief Ramdhani
Kementerian PANRB menggelar simulasi CAT untuk tes CPNS di UPI, Bandung. (Foto: dok. Kementerian PANRB)
Kementerian PANRB menggelar simulasi CAT untuk tes CPNS di UPI, Bandung. (Foto: dok. Kementerian PANRB)

KALIAN ini mencoba berkarir sebagai diplomat atau bahkan bercita-cita untuk menggantikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa? Kini kesempatan itu hadir, karena Kementerian Luar Negeri RI membuka lowongan CPNS.
“Kementerian Luar Negeri membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk mengabdikan diri  bekerja sebagai Pegawai Negara Sipil guna dididik menjadi calon-calon Diplomat dan Bendahara dan Penata Kerumahtanggaan (BPKRT) yang akan bertugas di Kemlu pusat dan perwakilan RI di luar negeri,” pengumuman pihak Kemlu dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Rabu (3/9/2014).

“Pendaftaran secara online telah dibuka mulai 1 September sampai dengan 15 September 2014. Sebanyak 150 formasi jabatan calon diplomat dan 25  BPKRT menunggu untuk  diisi oleh para pelamar yang memenuhi syarat,” lanjut pengumuman tersebut.

Kemlu mengharuskan semua yang ingin tes CPNS, memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Beberapa persyaratan tersebut yang harus dipenuhi antara lain:

-Bagi pelamar Pejabat Diplomatik dan Konsuler (PDK) adalah lulusan sarjana S-1, Master/Magister (S-2) atau Doktor (S-3) dari jurusan Ilmu Sosial, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Budaya/Sastra (Arab, Cina, Inggris, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Rusia).

-Pelamar merupakan lulusan dari perguruan tinggi negeri, swasta atau luar negeri yang terakreditasi.

-Persyaratan bagi pelamar Pengadministrasi Keuangan/Pengadministrasi Anggaran/Verifikator dan Bendahara adalah lulusan D-III di bidang Akuntansi, Manajemen, Administrasi Negara dan Administrasi Niaga dari perguruan tinggi yang terakreditasi.  (Persyaratan lengkap dapat dilihat di situs https://e-cpns.kemlu.go.id).

Pelamar yang memenuhi persyaratan, diharuskan melakukan registrasi online melalui situs Panitia Seleksi Nasional di https://panselnas.menpan.go.id. Dan setelah itu, pelamar diwajibkan untuk melakukan registrasi online pada situs https://e-cpns.kemlu.go.id.

“Sebagaimana pelaksanaan seleksi pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan seleksi tahun 2014 juga akan dilaksanakan secara ketat dan transparan serta bebas dari KKN,” kata Ketua Panitia Seleksi CPNS TA 2014 Y.Kristiarto S. Legowo.

“Kami akan berupaya agar setiap tahapan seleksi akan dilaksanakan untuk memastikan bahwa setiap CPNS yang direkrut sesuai dengan kebutuhan Kemlu  dan misi Perwakilan RI di luar negeri”, imbuhnya pria yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kemlu tersebut.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.