Mau Bela Negara? Ikut Beasiswa di S2 Unhan Saja!

oleh -9 views
Universitas Pertahanan Indonesia
Arrief Ramdhani
Universitas Pertahanan Indonesia
Universitas Pertahanan Indonesia

TERTARIK mendalami bidang pertahanan dan keamanan (Hankam) dan sedang mencari beasiswa? Kalian bisa mendaftar program beasiswa yang satu ini.
Program beasiswa strata dua (S-2) ini ditawarkan  oleh Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan). Namun demikian, Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) Listari mengatakan, saat ini untuk beasiswa S2 Sains Bidang Pertahanan bahwa jadwal penerimaan mahasiswa baru sudah ditutup.

“Pendaftaran gelombang II dimulai dari 1-26 April 2013 dan pengumuman lulus 19 Juni 2013,” katanya di Kampus Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan), Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2013).

Kendati demikian, masih bisa dilakukan pada awal Januari tahun depan. Adapun untuk tahun ini, gelombang I peserta yang mendaftar berjumlah 232 orang dan gelombang II berjumlah 132 orang. “Yang fresh graduatetahun kemarin sekira delapan orang, setiap program studi (prodi) kuotanya 30,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, Kampus Unhan rencananya akan pindah ke Sentul pada tahun depan. Serta ada rencana untuk membuka program Doktor (Strata-3). “Di Unhan untuk program magister pengajarnya S3 terdiri dari angkatan atau alumnus Unhan, UI, dan ITS,” ucapnya.

Sementara untuk tes TOEFL minimal 550 untuk studi banding atau pertukaran pelajar selama berminggu-minggu. “Tahun ini studi bandingnya di berbagai Negara seperti di Polandia, Jepang, dan lain-lain. Negara-negara untuk studi banding tersebut karena adanya kerjasama antar,” katanya.

Sedangkan wisuda tahun lalu meluluskan sekira di atas 40-an mahasiswa dengan gelar M.Si (Han), tahun ini Unhan akan membuka dua program studi baru, yaitu prodi Kampanye Militer khusus untuk Militer dan Keamanan Maritim khusus untuk umum.

“Per tahun bisa meluluskan 100 mahasiswa dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun,” katanya.

Listari menambahkan, penerimaan mahasiswa baru tahun lalu dibuka sampai gelombang III khusus untuk militer.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.