Mata Kuliah Tanpa Ujian

oleh -3 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

PILIHAN studi di kampus memang bisa menentukan arah karier kita di masa depan. Tetapi, sebenarnya, modal jurusan saja enggak cukup. Buktinya, banyak orang bekerja tidak sesuai program studi (prodi) saat kuliah. Selain bingung mau bekerja di sektor apa, prodi favorit bukan jaminan seseorang akan mudah mendapatkan kerja dan mencatatkan karier gemilang.

Nah, mahasiswa prodi Matematika di Institut Teknologi Bandung (ITB) punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri memilih karier mereka. Pasalnya, sejak semester enam, mereka wajib mengikuti mata kuliah “Karier”.

Di mata kuliah ini, mereka melupakan sejenak rumus-rumus matematika. Para mahasiswa fokus mempelajari semua hal yang perlu dimiliki mahasiswa dalam menembus dunia kerja dan meraih karier idaman. Misalnya saja, pelajaran tentang menulis CV yang baik, persiapan menghadapi sesi wawancara kerja dan materi lainnya yang mendidik kepribadian mahasiswa.

Sang dosen pengampu mata kuliah Karier, Dr. Nuning Nuraini, menjelaskan, tidak hanya teori, kampus juga mengadirkan alumni dan profesional untuk bercerita tentang pilihan karier mereka. Dengan begitu, para mahasiswa akan mendapatkan informasi aktual yang dapat memotivasi mereka dalam menentukan arah karier.  Di antara praktisi yang diundang Nuning adalah salah satu staf HRD suatu perusahaan untuk membahas tentang Psikologi Industri.

“Kami memiliki link yang baik dengan alumni dan mereka sangat antusias untuk berbagi tentang dunia kerja yang sedang mereka jalani,” kata Nuning, seperti disitat dari laman ITB, Senin (17/3/2014).

Nuning mengimbuh, dari kedatangan alumni bisa dilihat, tren profesi di kalangan lulusan Matematika ITB beberapa tahun belakangan adalah praktisi di industri keuangan (finance). Sarjana Matematika dari ITB juga ada yang bekerja sebagai broadcaster, manager, wiraswasta, animator, dan berbagai jabatan di perusahaan negara maupun swasta.

Asyiknya lagi, enggak ada ujian untuk mata kuliah ini. Mahasiswa murni diajak belajar untuk memperkaya wawasan dan mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja dan dunia nyata setelah lulus kuliah. Tetapi, peserta mata kuliah Karier tetap harus mengerjakan satu tugas yang menantang kreativitas mereka.

“Di pertengahan semester ini, saya meminta mahasiswa membuat road map cita-cita mereka untuk lima hingga sepuluh tahun ke depan. Tidak hanya itu, mereka juga ditantang membuat seminar keprofesian,” imbuhnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.