Masih Ada Jalur Mandiri untuk Masuk PTN

oleh -2 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KEGAGALAN di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ataupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bukan akhir dunia. Berbagai PTN masih membuka jalur Seleksi Mandiri (SM). 
Salah satu penyelenggara SM adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes). Ini adalah kesempatan terakhir bagi alumni SMA/sederajat untuk mencicipi pendidikan di kampus calon guru itu.

Ketua Panitia SM-Unnes Dr. M Khafid menjelaskan, pendaftaran SM Unnes dibuka hingga 22 Juli mendatang. Peserta Seleksi Mandiri dapat merebut satu dari 713 kursi mahasiswa baru di Unnes.

“Kuota sebanyak itu tersebar di delapan fakultas atau 65 program studi jenjang S1 dan D-3,” kata Khafid,  seperti dinukil dari laman Unnes, Jumat (18/7/2014).

Pendaftaran dilakukan secara online di laman http//seleksimandiri.unnes.ac.id. Setelah mengisi lengkap formulir pendaftaran, calon peserta membayar uang pendaftaran Rp200 ribu. Calon peserta yang memilih program studi seni/olah raga masih harus membayar biaya ujian praktik Rp150 ribu. Pembayaran uang pendaftaran ini dilakukan melalui Bank BNI 46 di seluruh Indonesia hingga 23 Juli 2014.

Setelah mendapatkan PIN dan bukti pembayaran dari bank, pendaftar bisa mencetak kartu peserta di laman SM Unnes. Calon peserta dapat mencetak kartu ini hingga 23 Juli 2014 pukul 23.59 WIB.

“Kartu peserta merupakan bukti bahwa pendaftar sudah sah sebagai calon peserta seleksi mandiri,” imbuh Pembantu Dekan I Fakultas Ekonomi Unnes itu.

Unnes akan menggelar ujian tulis pada 5 Agustus 2014. Kemudian, peserta yang memilih program studi seni/olah raga akan menjalani tes keterampilan pada 6 Agustus 2014.

“Hasil seleksi akan kami umumkan 9 Agustus 2014,” tuturnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.