Manfaat Ikut Ekskul Pramuka

oleh -9 views
Ilustrasi (berita.upi.edu)
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

SALAH satu konsekuensi implementasi kurikulum 2013 adalah Pramuka sebagai kegiatan ekstrakulikuler wajib di tingkat SD hingga SMA. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat.

Pengamat Pendidikan Dharmaningtyas mengungkap, salah satu manfaat Pramuka adalah menumbuhkan jiwa relawan yang besar. “Dan kita negara yang rawan bencana, jadi semangat seperti itu memang dibutuhkan,” kata Tyas di Hotel Mega Matraman, Matraman, Jakarta Pusat, Sabtu (8/11/2014).

Dalam diskusi bertajuk Akses Pendidikan Berkualitas untuk Semua besutan Network for Education Watch (NEW) atau Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) itu, Tyas memaparkan manfaat lainnya dari Pramuka. Kegiatan ini juga memacu semangat nasionalisme para pelajar. Meskipun, ujar Tyas, tidak semua siswa merasakan efek yang sama.

“Mereka yang ikut pramuka memiliki cara pandang nasionalisme yang lebih jelas walaupun tidak semua,” ungkapnya.

Rupanya, tidak hanya jenjang pendidikan dasar dan menengah saja yang sadar akan efek positif kegiatan Pramuka. Di tingkat perguruan tinggi, ada pula kampus yang menggalakkan program Pramuka bagi para mahasiswa baru.

Salah satu contohnya adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes). Secara rutin, setiap tahun, Unnes selalu menggelar kegiatan Pramuka bagi para mahasiswa baru mereka.(kampus.okezone.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.