MAN 2 Wonosobo Raih Medali Internasional

oleh -3 views

Tim Robotik MAN 2 Wonosobo unjuk prestasi pada 2021 Robocup Asia-Pasific Tianjin Invitational Tournament. Ajang ini diselenggarakan di Tianjin China pada 19 – 22 Mei 2021.

Pada kompetisi tersebut, Damardjati Nur Fauzi siswa kelas XI MIPA 1 berhasil memperoleh 4 juara sekaligus dalam kategori “Robocup Influencer Award”. Damar memperoleh juara 2 kategori People’s Choice, juara 2 kategori Community Building, juara 2 kategori Most Popular Video, dan juara 3 pada kategori Community Awareness.

Robocup Asia-Pasific 2021 diselenggarakan secara online. Damar dalam kompetisi ini mendapat bimbingan dari Guru Bahasa Inggris MAN 2 Wonosobo, Bartono. Kerja keras keduanya membuahkan hasil dan membawa Tim Robotik MAN 2 Wonosobo berprestasi di tingkat internasional. Sebelumnya, Damar juga berhasil meraih Juara 3 Best Poin pada Madrasah Robotic Competition 2020.

Selain itu, siswa MAN 2 Wonosobo juga unjuk prestasi di pada ajang Asia International Mathematical Olympiad (AIMO) Trial. AIMO Trial telah diselenggarakan secara online pada 24 April 2021. MAN 2 Wonosobo diwakili Rosyad Abdillah, siswa kelas X MIPA 6 dan berhasil memperoleh Medali Perunggu. Atas prestasi ini, Rosyad mendapat kesempatan ikut AIMO Final pada 7 Agustus 2021.

Kepala MAN 2 Wonosobo Prihantoro Achmad bersyukur atas prestasi para siswanya. Dia mengaku mendukung penuh aktivitas siswa MAN 2 Wonosobo dalam meraih prestasi, baik akademik maupun non akademik.

“Alhamdulillah, kita dapat meraih prestasi sampai tingkat internasional. Pandemi Covid-19 jangan sampai menghambat kita untuk tetap berprestasi, peserta didik MAN 2 Wonosobo akan kita dukung penuh agar dapat mengikuti berbagai kejuaraan, kompetisi, baik itu tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya di Wonosobo, Senin (14/6/2021).

Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Yun’am Arif menambahkan, capaian ini tidak terlepsa dari kekompakan tim dan dukungan penuh kebijakan kepala madrasah dan seluruh civitas akademika MAN 2 Wonosobo. “Komite juga solid dan itu menjadikan Tim Robotik dan Matematika MAN 2 Wonosobo dapat memperoleh prestasi,” tuturnya.

Prestasi tersebut, kata Yun’am, berhasil menjawab tantangan Kepala Kankemenag Kab Wonosobo, Ahmad Farid, untuk memajukan madrasah. Prestasi tersebut juga menjawab tantangan setahun yang lalu dari Direktur KSKK saat itu, A. Umar, untuk menjadikan madrasah hebat bermartabat, berkelas dunia. “Alhamdulillah atas izin Allah sekarang mulai dapat diwujudkan,” ujarnya.