Mahasiswa UNY Manfaatkan Cangkang Kerang Untuk Sandal Kesehatan

oleh -2 views
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta
Arrief Ramdhani
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

KELOMPOK mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan cangkang kerang sebagai bahan baku pembuatan sandal kesehatan yang diberi nama Kabibi.
“Manfaat dari sandal kesehatan Kabibi adalah memperlancar peredaran darah, kerja jantung, dan ginjal, serta dapat mengobati migrain, susah tidur, dan pegal-pegal,” kata koordinator kelompok mahasiswa UNY Ahmad Arifudin Fauzi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, karakteristik dari sandal kesehatan Kabibi adalah pelapisan karet pada limbah cangkang kerang yang dijadikan pijakan.

banner 728x90

Peletakan cangkang kerang yang dipasangkan pada sandal kesehatan Kabibi disesuaikan dengan posisi titik-titik saraf refleksi yang terdapat pada telapak kaki sehingga pengguna akan merasa nyaman dalam menggunakan sandal itu.

“Kualitas produk tidak perlu diragukan lagi karena sandal itu dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan. Dengan melimpahnya cangkang kerang yang tidak digunakan, produksi sandal kesahatan Kabibi dapat dibuat dalam skala besar,” katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa tahapan dalam pembuatan sandal kesehatan itu. Tahap pertama cangkang kerang dicuci menggunakan air bersih untuk membersihkan kotoran yang masih menempel.

Kemudian direbus menggunakan air mendidih untuk membersihkan dan mensterilkan cangkang kerang. Setelah proses perebusan, cangkang kerang kemudian dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari selama enam jam.

“Waktu yang tidak terlalu panjang itu diperhitungkan karena melihat karakteristik cangkang kerang yang mudah kering. Setelah cangkang kering, tahap selanjutnya adalah pemotongan dan pengeboran cangkang kerang,” katanya.

Menurut dia, pemotongan dan pengeboran itu dilakukan sesuai desain awal yang diinginkan sehingga bentuknya nanti bisa bervariasi. Setelah selesai kemudian dirapikan dengan ampelas atau alat lain.

Tahap selanjutnya adalah pemasangan kerang pada spons sandal. Pada proses itu dibutuhkan ketelitian dan ketepatan posisi kerang pada sandal.

Posisi yang diinginkan sesuai dengan titik-titik saraf refleksi yang terdapat pada telapak kaki. Hal itu perlu diperhatikan karena ketepatan pada titik saraf yang terdapat pada telapak kaki sangat penting.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.