Mahasiswa Unpad Kampanye Bahaya Plastik

oleh -14 views
Foto : Salah satu kegiatan dalam kampanye bahaya plastik di Unpad/Unpad
Arrief Ramdhani
Foto : Salah satu kegiatan dalam kampanye bahaya plastik di Unpad/Unpad
Foto : Salah satu kegiatan dalam kampanye bahaya plastik di Unpad/Unpad

PENGGUNAAN plastik dalam kehidupan sehari-hari masih sangat tinggi. Padahal, sampah plastik adalah material yang sulit diurai di dalam tanah dan jika dibiarkan terus menerus dapat mengancam kelestarian alam.  

Tidak tinggal diam, mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat Kelas A Angkatan 2011 Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung menggelar kampanye bahaya penggunaan plastik. Kampanye tersebut mereka namakan Jatinangor Tanpa Plastik (Japlas).

Japlas merupakan social environmental campaign yang mengusung slogan “Satu Plastik Seribu Tahun.” Dengan kampanye tersebut diharapkan para peserta dan masyarakat semakin sadar akan bahaya penggunaan plastik yang dikemas dengan acara-acara sarat edukasi dan entertainment.

Bekerja sama dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Jawa Barat, Japlas terbagi dalam tiga rangkaian acara. Dimulai dengan pre-event Japlas, kemudian main event Japlas, dan pascaevent Japlas. Pre-event Japlas sendiri terdiri dari beberapa kegiatan, yakni Japlas Long March, Propaganda “Bom Plastik”, Japlas Rush, dan Japlas Photo Competition.

Salah satu kegiatan yang selesai dilakukan adalah Japlas Rush. Kegiatan itu merupakan gabungan dari konsep “Amazing Race” dan “Running Man” di mana 11 kelompok mengikuti permainan yang sarat edukasi untuk perlindungan terhadap bumi.

Menurut panitia, setiap pos mempunyai esensi tersendiri mengenai penggunaan plastik.  Salah satu esensi yang ditanamkan adalah daun bisa menjadi pupuk, kertas bisa dipakai ulang, plastik akan tetap menjadi plastik, serta solusi yang ditawarkan untuk mengurangi penggunaan plastik, yakni dengan memakai tumblr, tempat makan, dan tottebag.

Di akhir acara, peserta telah diberikan “Lembar Komitmen Agen Japlas”, yaitu lembar yang berisi komitmen dan tanda tangan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.