Mahasiswa Unpad Jadi Presenter Terbaik di Jepang

oleh -5 views
Mahasiswa Unpad, Mangasa Paruhum Lumbantobing meraih Best Presentation Award pada ajang "Short-Stay Training Program for Vietnamese & Indonesian Students" di University of Tsukuba, Jepang. (Foto: Unpad)
Arrief Ramdhani
Mahasiswa Unpad, Mangasa Paruhum Lumbantobing meraih Best Presentation Award pada ajang "Short-Stay Training Program for Vietnamese & Indonesian Students" di University of Tsukuba, Jepang. (Foto: Unpad)
Mahasiswa Unpad, Mangasa Paruhum Lumbantobing meraih Best Presentation Award pada ajang “Short-Stay Training Program for Vietnamese & Indonesian Students” di University of Tsukuba, Jepang. (Foto: Unpad)

SATU lagi prestasi ditorehkan mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Dia adalah Mangasa Paruhum Lumbantobing yang meraih Best Presentation Award pada ajang “Short-Stay Training Program for Vietnamese & Indonesian Students” di University of Tsukuba, Jepang.

Gelar tersebut diperoleh Mangasa setelah mempresentasikan penelitian yang berjudul “Effect of Arbuscular Mycorrhizal Fungi in the Subsoil and Compost on Oil Palm Seed Growth” di hadapan para juri dan peserta lain yang merupakan mahasiswa sarjana dan magister dari Vietnam dan Jepang. Penelitian tersebut tidak lain adalah skripsi yang saat ini sedang dikerjakannya.

banner 728x90

“Pada saat itu, ada tiga aspek penilaian, yaitu mudah dimengerti, kemampuan berbicara, dan materi persentasi pada power point. Dengan waktu presentasi dan tanya jawab maksimal 15 menit,” ungkap Mangasa, seperti dilansir laman Unpad, Sabtu (1/3/2014).

Dari ketiga aspek penilaian, Mangasa ternyata memperoleh poin tertinggi dari masing-masing aspek dengan rerata 90. Sementara peserta lain yang merupakan mahasiswa master course dari Jepang nilainya masih di bawah Mangasa.

Sebagai implikasi atas prestasi tersebut, Mangasa pun mendapat tawaran untuk ikut meneliti di laboratorium Tsukuba University oleh guru besar yang menjadi juri pada ajang tersebut. Bahkan, mahasiswa Fakultas Pertanian itu juga mendapat tawaran untuk meneruskan studi di Jepang dengan cuma-cuma.

“Itulah target saya ke depan, dan saya ingin mengejar kelulusan di Unpad dahulu,” katanya.

Selain Mangasa, ada empat delegasi Unpad lain yang ikut dalam ajang tersebut. Para mahasiswa Fakultas Pertanian Unpad itu adalah Rangga Jiwa Wibawa, Arvitta Oktapiana, Riski Gusri Utami, dan Yuslina Nur Muliani. Tidak hanya itu, salah seorang dosen Unpad, yakni Noor Istifadah pun didapuk sebagai juri pada kegiatan tersebut.(kampus.okezone.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.