Mahasiswa UGM KKN Berdayakan Masyarakat di Bali

Sunday 25 August 2013 , 8:55 AM
Universitas Gajah Mada  (www.mappijatim.or.id)

Universitas Gajah Mada (www.mappijatim.or.id)

SEBANYAK 28 mahasiswa Universitas Gadjah Mada penuh semangat mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat (PPM) di Desa Baluk, Jembrana, Bali Barat.
“Mahasiswa yang tergabung dalam KKN UGM unit BL-05 itu mengembangkan potensi batok kelapa menjadi produk bernilai ekonomis,” kata Koordinator Mahasiswa Unit KKN UGM BL-05 Rizki Dwi Kusumo, Sabtu.

Untuk itu pihak UGM menyumbangkan sebuah mesin inovasi pengolahan batok kelapa menjadi bijih batok. Batok kelapa yang selama ini merupakan limbah di desa tersebut dengan sentuhan teknologi mampu mempunyai nilai ekonomis yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.

Rizki menjelaskan, kegiatan KKN-PPM secara resmi ada dalam kurikulum Universitas Gadjah Mada dengan bobot tiga SKS yang merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

sejak merintis program KKN-PPM tahun 1971-1973, UGM ditunjuk sebagai Universitas pembina KKN di perguruan tinggi seluruh Indonesia. Setiap mahasiswa yang memenuhi syarat, wajib mengikuti KKN sebelum dinyatakan lulus dari Universitas Gadjah Mada.

Kegiatan KKN-PPM yang menitikberatkan pengolahan batok kelapa dilaksanakan dalam program pendukung berupa sosialisasi, pelatihan, hingga pengarahanan dan pendampingan. Kegiatan KKN dilaksanakan selama dua bulan sejak pertengahan hingga akhir September mendatang.(republika.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published.