Mahasiswa IPB Tertarik Kawasan Rumah Pangan Lestari

oleh -5 views
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Arrief Ramdhani
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Kampus IPB di Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

PROGRAM Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang digagas Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser menjadi titik perhatian perguruan tinggi. Sekitar 182 mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) jurusan gizi masyarakat Fakultas Ekologi Manusia berkunjung ke wilayah Kab. Bandung untuk belajar KRPL tersebut.

“Pelaksanaan program KRPL ini salah satunya dilatarbelakangi oleh keinginan Kabupaten Bandung untuk mandiri di bidang pangan dengan memanfaatkan potensi lahan yang tersedia di samping rumah kita masing-masing.” kata Dadang M. Naser saat menerima rombongan mahasiswa IPB di halaman rumah jabatannya komplek perkantoran Pemkab Bandung-Soreang, Senin (23/6/2014).

Sebagian lahan di seputar halaman rumah jabatan bupati, Dadang M. Naser memanfaatkannya untuk tanaman sayur-sayuran, mulai pakcoy, tomat, cabe, sosin serta jenis tanaman sayuran lainnya. “Alhamdulillah untuk kebutuhan sayuran kita ga usah beli ke pasar atau warung, karena di halaman ini sudah tersedia,” ujar Dadang Naser.

Ia mengakui penanaman sayuran dengan system polibag ini banyak dicontoh oleh masyarakat. Seperti halnya warga di Desa Mandalawangi Kecamatan Nagreg yang beberapa waktu lalu telah melakukan panen perdana KRPL. Hasil panen mereka sebagian dijual ke pasaran dengan harga yang cukup kompetitif.

Banyak manfaat jika masyarakat melaksanakan program KRPL yakni kebutuhan terhadap bahan makanan berbasis sayuran bisa tercukupi. “Manfaat lainnya membuat lingkungan perumahan menjadi asri dan ada tambahan penghasilan untuk keluarga,” ucapnya.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.