Mahasiswa IPB Tanam 2.000 Mangrove di Pangandaran

oleh -3 views
Penanaman mangrove
Arrief Ramdhani
Penanaman mangrove
Penanaman mangrove

HIMPUNAN Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) IPB kembali mengirim tim ke Desa Karang Jaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Hal ini dalam rangka kegiatan Konservasi dan Survey Lapang Kelautan (KONSURV) 2014.
Tim yang terdiri dari 44 mahasiswa melakukan  penanaman mangrove yang memang telah rutin dilakukan sejak tahun 2011. Tahun ini ditanam 2000 bibit mangrove.

Siaran pers IPB menyebutkan bahwa Tim dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok Penanaman, Kelompok Scientific, dan Kelompok Marine Goes to School (MGS). Kelompok Penanaman menangani penanaman mangrove sesi pertama.

banner 728x90

Sebanyak 500 bibit mangrove ditanam di sekitar laguna. Sisanya, ditanam di tepi sungai pada penanaman sesi kedua. Kelompok Scientific mengambil data kualitas air (suhu, salinitas, ph, DO) dan indeks nilai penting mangrove setempat. Sementara, Kelompok MGS mengunjungi SMAN 1 Parigi untuk mengadakan penyuluhan tentang kelautan.

Penanaman sesi kedua diikuti oleh semua anggota tim. Sebanyak 15 siswa SMAN 1 Parigi juga ikut membantu menanam mangrove. Antusiasme ditunjukkan oleh siswa-siswa tersebut. Mereka tak segan berkubang lumpur demi menanam bibit-bibit mangrove.

Kegiatan KONSURV tidak berhenti sampai penanaman mangrove saja. Mereka juga menggelar Malam Kelautan yang diisi dengan membuat api unggun dan sharing bersama warga setempat. Minggu pagi sebelum bertolak kembali ke Bogor, tim mengadakan Coastal Clean Up. Tim memunguti sampah di sepanjang pantai Desa Karang Jaladri.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.