Mahasiswa Bidik Misi Tidak Boleh Minder

oleh -2 views
Ilustrasi (solopos.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (solopos.com)
Ilustrasi (solopos.com)

PARA penerima Beasiswa Bidik Misi merupakan mahasiswa yang berasal dari kalangan keluarga tidak mampu. Dengan predikat tersebut, mereka justru cenderung merasa minder dalam bergaul dengan mahasiswa yang lainnya.
Menghindari hal tersebut, Kepala Badan Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Bambang Sampurno pun mengimbau kepada para mahasiswa penerima Bidik Misi ITS untuk berbaur dengan mahasiswa lainnya.

Pesan itu disampaikan Bambang dalam acara Welcome Party bagi mahasiswa penerima Bidik Misi ITS 2012 besutan Perkumpulan Mahasiswa Penerima Bidik Misi ITS atau kerap disebut Bimits. Dia menegaskan, ITS tidak membedakan setiap mahasiswa.

“Baik mahasiswa penerima Bidik Misi (BM) maupun tidak tetap dianggap sama oleh birokrasi. Semua sama, tidak ada yang membedakan, dan jangan pernah kalian membedakan diri kalian sendiri,” tutur Bambang, seperti dikutip dari ITS Online, Sabtu (6/4/2013).

Menurut Bambang, ada dua jenis karakter yang dimiliki oleh mahasiswa BM. Pertama, adalah mahasiswa dengan ekonomi lemah akan tetapi memiliki mental yang kuat. Sedangkan yang kedua adalah mahasiswa dengan ekonomi lemah dan mental yang lemah pula.

“Mahasiswa yang pertama adalah bibit unggul yang harus dikembangkan. Sedangkan yang kedua harus kita bantu untuk meningkatkan mentalnya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Bambang juga menuntut mahasiswa penerima BM untuk selalu aktif di kampus. Baik itu di himpunan, BEM, UKM, atau organisasi mahasiswa (ormawa) lainnya.

“Kita harus bekerja keras. Tunjukkan bahwa kita mampu berkontribusi baik untuk institut maupun untuk negara kita. Karena nasib Indonesia  ke depan berada di tangan kalian,” ajak Bambang.

Demikian pula dalam bergaul. Bambang pun mengimbau agar mahasiswa BM tidak perlu merasa minder untuk membaur dengan mahasiswa lain. “Jangan pernah merasa minder bahwa kalian berasal dari keluarga kurang mampu,” paparnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.