Mahasiswa 4 PTN RI Bisa Daftar Beasiswa Ini

oleh -3 views
Ilustrasi: Hitachi Foundation
Arrief Ramdhani
Ilustrasi: Hitachi Foundation
Ilustrasi: Hitachi Foundation

YAYASAN Hitachi memberikan kesempatan beasiswa kepada perguruan-perguruan tinggi di Asia Tenggara untuk mengirim mahasiswanya yang ingin melanjutkan studi ke Jepang. Di Indonesia, ada empat kampus yang berhak mengikuti program beasiswa ini, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Gadjah Mada (UGM).
Beasiswa yang diberikan berupa bantuan keuangan, biaya hidup sehari-hari dan biaya konsultasi. Para penerima beasiswa akan ditempatkan di sekolah-sekolah pasca sarjana di Jepang, baik swasta maupun negeri.

Pelamar yang ingin mendaftar program master dibatasi hingga usia 30 tahun, sedangkan untuk program doktor dibatasi hingga usia 35 tahun. Pelamar untuk program Ph.D dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan harus mendapat rekomendasi staf senior dari kampus asalnya.

Selain menjadi staf kampus, pelamar haruslah mendapat nominasi rektor dengan persetujuan dan rekomendasi fakultas masing-masing. Syarat lainnya, pelamar harus mendapat undangan resmi dari profesor di perguruan tinggi Jepang yang akan menjadi pembimbingnya selama masa studi.

Kemampuan berbahasa Inggris diperlukan karena bahasa Inggris akan dipakai sebagai bahasa pengantar. Minimal nilai TOEFL yang harus dimiliki pelamar adalah 530.

Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa penuh untuk belajar bahasa Jepang selama enam bulan setelah kedatangan mereka di Negeri Sakura. Selain itu para penerima beasiswa juga akan diberikan kesempatan oleh yayasan untuk berkunjung ke beberapa lokasi industri, ilmu pengetahuan dan teknologi, riset, kultur dan sejarah. Dengan begitu, selama belajar di Jepang, penerima beasiswa tidak akan terpaku pada satu kampus saja.

Bila Anda berminat, Anda bisa mengunjungi laman Hitachi FoundationDeadline pendaftarannya akhir Oktober, ya! (kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.