Madrasah Penerima BOS Dilarang Pungut Biaya dari Orang Tua Siswa

oleh -5 views
Ilustrasi Dana Bos
Arrief Ramdhani
Ilustrasi Dana Bos
Ilustrasi Dana Bos

KEMENTRIAN Agama (Kemenag) Kota Banjar mewanti-wanti madrasah dan pesantren penerima dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) agar tidak lagi menarik biaya apapun dari orang tua siswa atau santri.

Sebab dana BOS disediakan untuk membantu proses pembelajaran di sekolah dan pesantren. Menurut Kasi Pendis Kemenag Kota Banjar, Supriana, MP,d ada sanksi bagi sekolah yang melakukan penarikan biaya lain kepada siswa, karena biaya sekolah sudah ditanggung BOS.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

“Untuk sanksinya disesuaikan dengan pelanggaran, sekolah boleh melakukan penarikan, asalkan mendapat izin dari kepala kemenang Kota Banjar, itu pun kalau yang tidak terkaper BOS,” ujarnya.

Dijelaskan Supriana, selama ini BOS untuk sekolah jenjang MI sebesar Rp 580.000 untuk satu siswa setiap tahun. Dana tersebut diberikan kepada 22 lembaga madrasah ibtidaiyah. Sementara untuk jenjang MTs, dana BOS sebesar Rp 710.000 untuk satu siswa setiap tahun yang diberikan kepada 12 lembaga.

“Dana tersebut dicairkan setiap tiga bulan sekali, sekarang sudah triwulan kedua pencairannya,” jelasnya. Selasa (27/5/2014). Dana BOS digunakan untuk pengembangan perpustakaan, kegiatan penerimaan peserta didik baru, kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikuler serta kegiatan ulangan dan ujian.

Selain itu, BOS dapat digunakan biaya perawatan sekolah, pembelian bahan habis pakai, langganan daya dan jasa serta pembayaran honorarium bulanan guru, tenaga kependidikan dan juga pengembangan profesi guru.

“Pembelian buku perpustakaan sekitar 5%, gaji guru maksimal sebesar 20% dan sisanya dana BOS diperuntukkan sesuai komponen yang telah diatur,” sambungnya. Supriana menambahkan, dana BOS untuk tahun ini sama dengan tahun kemarin baik MI maupun MTs. “Proses pencairannya terlebih dahulu pihak sekolah wajib melaporkan SPJ, dan kami pun selalu memonitoring pengunaan BOS di lapangan,” pungkasnya.(fokusjabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.