Lulusan Madrasah Tembus Kuliah di Amerika

oleh -7 views
Ilustrasi

Para siswa madrasah tidak perlu risau soal masa depan pendidikan lanjutan. Lulus Aliyah mau dilanjutkan ke mana, kini bukan lagi hal mesti dikhawatirkan. Telah banyak lulusan Aliyah yang bisa masuk perguruan tinggi bergengsi.

Hal itu misalnya bisa dilihat dari Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong yang lulusannya telah diterima di kampus-kampus negeri. Sekolah ini pun menjadi yang terbaik secara nasional berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hasil UTBK ini baru saja dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Capaian ini memperbaiki prestasi tahun lalu, saat MAN IC Serpong menduduki peringkat kedua. Prestasi ini sekaligus menjadi kado ulang tahun ke-25 madrasah yang berlokasi di bilangan Serpong, Tangerang Selatan ini.

“Alhamdulillah atas raihan MAN IC serpong mendapat peringkat I UTBK tahun 2021. Ini kado ulang tahun kami. Di bulan September kami berulang tahun di usia 25 tahun MAN IC Serpong. Ini kado terindah yang kami terima,” terang Kepala MAN IC Serpong, Abdul Basit, Jumat (1/10/2021).

Ditanya terkait kelanjutan kulaih para siswanya, Abdul Basit menjelaskan bahwa angkatan 24 MAN IC Serpong diterima di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia, mulai dari ITB, UI, UGM, dan lainnya.

“Bahkan, ada juga siswa yang lulus tahun ini yang diterima di perguruan tinggi di Amerika dan Jepang. Yang lain, tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri di seluruh nusantra. Ada satu siswa melanjutkan kuliah di Amerika dan 3 siswa di Jepang,” tandasnya.

Menurutnya, raihan ini tidak diraih serta merta. Ada proses luar biasa yang dipersiapkan oleh semua sivitas akademik MAN IC Serpong. “Ini akan menjadi motivasi. Apalagi, raihan ini di masa pandemi. Anak kami banyak di rumah belajarnya, tapi mereka tetap konsisten, jadi luar biasa,” tandasnya.