Lokakarya Kreasi Kertas Meriahkan Pameran Hardiknas 2013

oleh -9 views
kemdiknas.go.id
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

SEKITAR 50 ibu anggota sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Jakarta Selatan mengikuti lokakarya membuat kreasi unik dari kertas bergelombang warna-warni yang digelar di Ruang Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Senayan, Jakarta, Jumat (28/6). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Pameran dan Bazar Buku Murah dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diselenggarakan di halaman kantor Kemdikbud sejak Kamis (27/6) hingga Sabtu (29/6).

Lokakarya tersebut disambut baik oleh peserta. Mereka diajak untuk membuat dua jenis kreasi, yaitu boneka binatang kepik dan bros kupu-kupu dari kertas bergelombang ini. Mengaku baru mengenal jenis kertas bergelombang warna-warni itu, para peserta berhasil membuat dua jenis kreasi pada lokakarya menghabiskan waktu sekitar dua jam itu.

Kreasi semacam ini cocok untuk mengenalkan berbagai macam bentuk benda kepada anak-anak usia PAUD dengan cara yang menyenangkan. Para peserta yang terdiri atas pengurus lembaga PAUD dan orangtua yang memiliki anak usia PAUD mengaku senang dapat belajar berkreasi dengan kertas bergelombang ini. “Membuatnya membutuhkan waktu, tapi hasilnya unik dan lucu,” ujar Santi, salah satu peserta dalam lokakarya tersebut.

Creative Design of Kokoru, Chrisna Handayani menjelaskan, kertas bergelombang warna-warni atau dalam bahasa Inggris disebut color corrugated paper merupakan kertas produk asli Indonesia. Jenis kertas ini disingkat dengan nama Kokoru yang merupakan kependekan dari kata dalam bahasa Inggris tersebut. Meski hanya kertas bergelombang, namun kertas ini dapat menghasilkan banyak kreasi menarik. “Nama Kokoru terdengar seperti produk dari negara lain, namun kokoru merupakan produk asli Indonesia,” ujarnya saat memberikan penjelasan di awal lokakarya kepada para peserta.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.