LKS, Merangkai Mimpi Mengasah Keterampilan

oleh -12 views

LOMBA Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional 2020 tuntas digelar. Dalam ajang yang diikuti 932 peserta ini Provinsi Jawa Tengah jadi juara umum dengan 9 medali emas, 10 medali perak, dan 7 medali perunggu.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto mengimbau, agar memaknai ajang LKS SMK Tingkat Nasional 2020 ini menjadi lebih dari sekadar kompetisi tahunan.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Saat ini, kata dia, dengan segala daya kita bersama memerdekakan diri dari belenggu keterbatasan untuk menjadi bangsa yang lebih mandiri dalam menghadapi tantangan yang terus akan berubah dan semakin berat di masa depan.

“LKS merupakan sarana merangkai mimpi, mengasah keterampilan, sekaligus membangun kepercayaan diri, relasi, serta kemandirian,” ujarnya pada acara Penutupan LKS SMK Tingkat Nasional 2020 yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, seperti dirilis laman kemendikbud.

Wikan mengungkapkan, dalam melahirkan karya suatu banga baik produk teknologi, fesyen, seni, industri kreatif, produk kuliner, dan lainnnya lahir dari siswa-siswi Indonesia terutama SMK. Dia juga mengatakan menjadi juara LKS bukan tujuan akhir bagi siswa SMK tetapi para peserta ke depan dituntut untuk menghasilkan produk yang mampu merajai pasar global.

“Kalau kita masih menjadi penikmat drakor (drama korea,-), kalau kita masih menjadi penikmat film-film kartun dari luar negeri, kalua kita masih menjadi pengimpor alat-alat teknologi, maka kelak adik-adik (siswa SMK,-) yang akan membalikkan itu semua, karya adik-adik (siswa SMK,-) akan digunakan oleh orang sedunia,” tutur Wikan. ***