LIPI adakan empat kompetisi ilmiah

oleh -1 views
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Arrief Ramdhani
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia mengadakan empat kompetisi ilmiah yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-45, “National Young Inventors Award” (NYIA) Ke-6, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) Ke-12, dan Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) Ke-21.
“Kegiatan rutin setiap tahun ini merupakan wujud komitmen LIPI dalam menghargai karya dan kreativitas ilmiah anak bangsa dengan menjaring 2.500 karya inovasi penelitian dan 103 finalis,” kata Kepala Biro Kerja sama dan Pemasyarajatan Iptek (BKPI) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono di Jakarta, Kamis.

Pameran karya ilmiah dan presentasi finalis mulai diselenggarakan pada tanggal 14 November 2013 dan ditujukan bagi siswa, mahasiswa, dan guru, dan pengumuman pemenang pada tanggal 15 November 2013 bertempat di LIPI Jakarta.

Pada tahun ini, LKIR memasuki penyelenggaraan yang Ke-45. Lomba tersebut ditujukan bagi siswa SMP-SMA maksimal usia 18 tahun.

Kemudian, NYIA memasuki pergelaran yang Ke-6, ditujukan bagi siswa SD-SMA usia 8-18 tahun.

Sedangkan, PPRI memasuki penyelenggaraan yang Ke-12, ditujukan bagi mahasiswa yang belum lulus S-1, sementara LKIG merupakan penyelenggaraan yang Ke-21, ditujukan bagi guru SD-SMA. Pada setiap kategori lomba akan dipilih tiga pemenang dan diberikan hadiah berupa uang tunai dan piagam penghargaan.

LKIR Ke-45 terdiri atas empat bidang, yaitu bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT), serta Bidang Kependudukan.

Pemenang LKIR akan diseleksi kembali sebagai kandidat yang akan dikirim ke ajang “Intel International Science and Engineering Fair” (Intel ISEF) di Amerika Serikat tahun 2014. Pemenang NYIA Ke-6 akan memilih tiga karya inovasi terbaik, dan akan diseleksi kembali untuk mengikuti ajang “International Exhibition for Young Inventors” (IEYI) tahun 2014.

LKIG terbagi ke dalam lima bidang, yaitu Sekolah Dasar (SD), SMP bidang IPSK, SMP bidang Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi (MIPATEK), SMA bidang IPSK, serta SMA bidang MIPATEK. PPRI terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu IPSK, IPA, serta IPT.

LIPI dalam kesempatan itu juga akan diselenggarakan pelatihan bagi 100 orang guru dan siswa dengan metode penulisan ilmiah.

“Salah satu yang membedakan penyelenggaraan kompetisi pada tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah LIPI bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM dalam memberikan insentif kepengurusan paten bagi pemenang yang memenuhi persyaratan tertentu,” paparnya.(antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.