Lima Pelajar Indonesia Ikuti Intel ISEF 2013 di Amerika

oleh -1 views
kemdiknas.go.id
Arrief Ramdhani
kemdiknas.go.id
kemdiknas.go.id

SEBANYAK lima pelajar Indonesia terpilih untuk berkompetisi di ajang Intel International Science and Engineering (ISEF) 2013 di Arizona, Amerika Serikat, pada tanggal 15-17 Mei mendatang. Mereka akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi dan menunjukkan inovasi ilmiah mereka bersama 1.500 pelajar lain dari seluruh dunia. Kelima pelajar tersebut diterima Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan, Musliar Kasim, di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, pada Selasa, (7/5).

Lima pelajar tersebut masing-masing Jovita Nathania, Maria Christina Yolenta Lestari, dan Rosinta Handinata dari SMA Tarsisius 1 Jakarta yang mengangkat proyek penelitian Pelajaran yang Menyenangkan mengenai Terumbu Karang. Kemudian ada Hani Devinta Sari dari SMA Negeri 63 Jakarta yang mengangkat tentang Pemanfaatan Ekstrak Bunga Telang Berpigmen Antosinian sebagai Bahan Pembuatan Indikator Penguji Zat Formalin dalam Makanan. Terakhir, Muhammad Imadudin Sidik dari SMA IT Insantama Bogor yang mengangkat tentang Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur sebagai Anti Semut untuk Bio-plastik Wadah Makanan.

Intel ISEF merupakan kompetisi sains terbesar di dunia untuk pelajar kelas IX-XII, dan diikuti oleh 8,5 juta siswa, hingga tersaring lebih dari 1500 finalis dari 50 negara. Kompetisi ini dinilai oleh ratusan juri termasuk peraih nobel dunia. Total hadiah dari kompetisi ini senilai 4 juta US Dollar, termasuk di dalamnya beberapa Award (penghargaan) dan Best of Category dalam Grand Award Intel ISEF di Arizona, Amerika Serikat.

Kompetisi internasional ini bertujuan untuk mendorong semangat dan budaya penelitian di kalangan pelajar. Intel Indonesia mensponsori para pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) untuk berpartisipasi di Intel ISEF sejak 2010 dengan melibatkan peninjau/peneliti dari Kementerian Riset dan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.(kemdiknas.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.